Operasi Simpatik Toba 2016, Polresta Siantar Libatkan PKS & Pramuka

  • Bagikan

Pematang Siantar, Bataktoday

Hari ke-4  Operasi Simpatik Toba 2016, Satlantas Polresta Pematang Siantar melibatkan PKS dan Pramuka dari berbagai sekolah, untuk ikut sosialisasi, dengan cara membagikan selebaran kepada pengendara roda dua dan empat yang melintas di jalan Sudirman kota Pematang Siantar, Jumat (4/3).

Dalam keterangannya kepada wartawan, Kanit Dikyasa Satlantas Polres Siantar, Aiptu Ponijan menerangkan alasan dilibatkannya Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dan Pramuka dalam operasi ini.

“PKS dan Pramuka sebagai binaan Polresta Pematang Siantar,  dilibatkan untuk membantu tugas-tugas kepolisian dalam Operasi Simpatik Toba 2016 dan sekaligus untuk menarik simpatik masyarakat,“ terangnya.

Menurut Aiptu Ponijan, tujuan kegiatan sosialisasi ini sendiri adalah untuk mensosialisasikan kepada pengguna Angkot, Angdes maupun Angkutan Barang, supaya jangan masuk kedalam Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL).

Itu dilakukan agar Jalan Sutomo dan Jalan Merdeka sebagai areal KTL tidak macet, sekaligus juga menekan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas),” paparnya.

Melalui selebaran yang dibagikan, Satlantas Polres Pematang Siantar juga menghimbau pedagang kaki lima untuk tidak berjualan di badan/marka jalan maupun di trotoa,r serta di area jembatan penyeberangan. Juga menghimbau petugas parkir untuk tidak menempatkan lokasi parkir kendaraan di trotoar, marka/badan jalan, melainkan menempatkan parkir di lokasi yang sudah ditentukan.

Operasi Simpatik Toba 2016 ini akan dilaksanakan 3 tahap. Minggu pertama hanya Sosialisasi, Minggu kedua tilang teguran (tindakan edukatif/simpatik ) dan minggu ke-3 tilang dengan memberikan  tindakan secara hukum ( tindakan yuridis ). (AT)

Foto : Satlantas Polresta Pematang Siantar bersama PKS dan Pramuka saat membagikan selebaran di Jalan Sudirman, Kota Pematang Siantar, Jumat 4/3/2016 (at/bataktoday)

  • Bagikan