Penantian 14 Tahun, SMA Negeri Akhirnya Berdiri di Kecamatan Purbatua Taput

  • Bagikan

Tapanuli Utara, BatakToday – 

Penantian selama 14 tahun akhirnya terjawab. Purbatua, kecamatan paling selatan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) akhirnya memiliki sekolah SMA Negeri. Bupati Taput Nikson Nababan meresmikan sekolah yang berdiri di Dusun Janji Nauli Desa Parsaoran Janji Angkola itu, Jumat (4/3/2016).

“Semua rencana yang kita rancang kita doakan bersama dan kita harus bersinergi mewujudkan mimpi-mimpi kita yang masih banyak. Salah satu mimpi masyarakat Purbatua seperti yang disampaikan tadi telah terwujud, yakni berdirinya SMA Negeri 1 ini.  Pelihara sekolah ini, jaga kebersihan dan kenyamanan. Para guru dan kepala sekolah, beri pelayanan yang terbaik untuk anak didik. Kita ciptakan nuansa sekolah yang nyaman sebagai taman siswa,” ujar Bupati Nikson mengawali sambutannya.

Nikson mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu membahu dalam penyelenggaraan pendidikan untuk dapat melahirkan generasi muda yang tangguh pada masa datang.

“Kita harus wujudkan revolusi mental melalui pendidikan keluarga yang sangat penting dalam membentuk anak-anak kita untuk menduduki pendidikan formal. Guru dan orangtua harus menjadi tim yang kompak dalam membentuk dan memberikan pendidikan bagi anak sebagai generasi penerus bangsa ini,” ujar Bupati.

Peta_Lokasi_Kecamatan_Purbatua_Kabupaten_Tapanuli_Utara.svg_editedBupati meminta agar masyarakat tetap melestarikan budaya gotong-royong dan Jumat bersih.

“Kita pelihara fasilitas umum yang telah dibangun pemerintah berupa jalan-jalan, irigasi, dan bangunan sekolah, karena itu adalah milik kita bersama,” pintanya.

Bupati juga mengimbau masyarakat Kecamatan Purbatua untuk merelakan lahan pekarangannya untuk digunakan dalam pelebaran jalan, yang diharapkan dapat menunjang aktivitas sosial ekonomi di kawasan itu.

Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara Ir. Ottoniyer Simanjuntak dalam sambutannya menyampaikan bahwa revolusi mental harus terwujud dari diri kita sebagai ungkapan rasa syukur atas mimpi yang terwujud.

”Tepuk tangan yang kita berikan kepada Bupati harus kita wujudnyatakan dan implementasikan bagi kehidupan sehari-hari dalam mewujudkan visi misi Kabupaten Tapanuli Utara. Gunakan waktumu untuk hal-hal yang positif maka mimpi dan keinginan kita akan dapat terwujud,” ujar Ottoniyer.

Sementara itu, tokoh adat Rio S Panggabean mengungkapkan, berdirinya SMA Negeri di Kecamatan Purbatua merupakan mimpi masyarakat sejak 14 tahun lalu, sejak kecamatan itu dimekarkan dari Kecamatan Pahae Jae.

Hal senada diutarakan Rosbin Sihombing, seorang perantau yang hadir pada acara persemian.

“Kami yakin dengan berdirinya SMA di Kecamatan Purbatua ini akan lahir anak-anak dan generasi yang cerdas dari daerah ini, dalam mewujudkan visi Kabupaten Tapanuli Utara sebagai Lumbung SDM yang berkualitas, dengan tidak melupakan bahwa pendidikan yang mendasar adalah pendidika  keluarga dalam menuju pendidikan formal,” ujar Rosbin saat menyerahkan bantuan dua unit komputer.

Pada kesempatan  itu, Bupati Taput juga menyerahkan bantuan berupa mesin pembuat pakan ternak sebanyak 5 unit , alat-alat olahraga dan bibit-bibit  pohon produktif. (rel/iol)

Foto: Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan saat menandatangani prasasti peresmian SMA Negeri 1 Purbatua didampingi Ketua DPRD Ottoniyer Simanjuntak dan Kadis Pendidikan Jamel Panjaitan, Jumat (4/3/2016). (ist)

  • Bagikan