Besok Pawai Ta’aruf, Ruas Simpang Pemda-Simpang Selayang Ditutup

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Dalam rangka pelaksanaan pawai ta’aruf yang merupakan rangkaian pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke-49 Tingkat Kota Medan tahun 2016 di Jalan Setia Budi, Kelurahan Simpang Selayang, Kecamatan Medan Tuntungan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan akan menutup ruas Jalan Setia Budi, mulai Simpang Pemda sampai Simpang Selayang mulai pukul 07.00 sampai 12.00 WIB, Senin (7/3/2016). Untuk malam hari saat seremonI pembukaan berlangsung, Dishub akan menyesuaikan dengan kebutuhan. MTQ sendiri akan berlangsung selama 7 hari, dari tanggal 7 hingga 14 Maret.

Demikin disampaikan Kadishub Kota Medan, Renward Parapat kepada wartawan saat meninjau persiapan akhir pelaksanaan MTQN, Minggu (6/2/2016).

“Kami yakin atas penutupan ini, warga pengguna jalan, terutama masyarakat sekitar pasti terganggu. Atas ketidaknyamanan ini, kami mohon maaf  dan diharapkan bisa memakluminya. Sebab, Jalan Setia Budi mulai Simpang Pemda sampai Simpang Selayang ditutup total untuk pelaksanaan pawai ta’aruf yang merupakan syiar MTQN Tingkat Kota Medan,” kata Renward.

Renward menjelaskan, bagi masyarakat dari arah Jalan Setia Budi yang ingin menuju Jalan Jamin Ginting (Simpang Selayang) dapat menggunakan jalan alternatif yakni Jalan Ngumban Surbakti. Sebaliknya bagi warga yang datang dari arah Jalan Jamin Ginting (Tuntungan) hendak menuju Jalan Setia Budi, dianjurkan melalui Jalan Jamin Ginting (arah Padang Bulan).

Usai pawai ta’aruf, Renward mengatakan, Jalan Setia Budi mulai Simang Pemda sampai Simpang Selayang akan dibuka kembali dan sistem lalu-lintas tetap dua  arah. Berhubung lalu lintas masih padat dan menghindari pengendara kenderaan bermotor ngebut melintasi arena MTQ, ruas jalan pun dibagi dua.

“Kami mengimbau warga  untuk menghindari jalan ini pada malam hari ketika pembukaan MTQN berlangsung. Gunakan saja Jalan Jamin Ginting agar saudara-saudara tidak terjebak dalam kemacetan. Setiap malam selama sepekan pelaksanaan MTQ, kemacetan pasti terjadi. Untuk itu sekali lagi kami mohon perngertiannya, terutama kepada warga yang bermukim di sekitar lokasi MTQ ini,” ungkapnya.

Untuk mengamankan kelancaraan arus lalu-lintas selama sepekan pelaksanaan MTQ berlangsung, Renward mengatakan akan menurunkan sekitar 100 personel. Selain lokasi MTQ, para personel itu akan diturunkn untuk mengurai kemacetan ruas jalan yang terkena dampak penutupan jalan. Jumlah itu bertambah lagi, karena Satlantas Polresta Medan, polsek dan koramil setempat juga akan ikut membantu mendukung kelancaran arus lalu-lintas. (AFR)

Foto: Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Renward Parapat saat diwawancarai wartawan, Minggu (6/2/2016). (bataktoday/afr)

  • Bagikan