Polres Taput Amankan Pengedar Uang Palsu

  • Bagikan

Tapanuli Utara, BatakToday –

Kepolisian Resor Tapanuli Utara bersama Koramil Tarutung berhasil mengamankan seorang tersangka pengedar uang palsu bernama Parlindungan Panggabean (39) warga Aek Siansimun, Kecamatan. Tarutung, Sabtu (5/3/2016) sekitar pukul 13:00 WIB.

Kasubbag Humas Polres Taput Aiptu Walpon Baringbing kepada sejumlah wartawan menerangkan, tersangka merupakan warga yang baru saja pulang dari perantauannya di Riau.

“Modus yang digunakan pelaku, membeli rokok dengan uang pecahan Rp. 20.000 yang diduga uang palsu,” terangnya.

Aksi tersangka berawal di daerah Pansurnapitu Kecamatan Siatas Barita. Gerak geriknya mencurigakan, sehingga masyarakat melaporkannya kepada petugas Polres Taput dan Babinsa Koramil Tarutung.

“Mendapat informasi dari masyarakat, dua petugas tersebut dengan cepat mencari informasi, sehingga menemukan uang palsu di salah satu warung di Desa Aeksiansimun.  Warung yang diketahui milik marga Aritonang yang biasa dipanggil Parmisang  langsung digeledah petugas, dan petugas menemukan barang bukti uang palsu yang dibungkus dalam plastik sebanyak Rp. 7 juta dengan pecahan Rp. 20.000 dan Rp. 10.000,” terang Aiptu Baringin.

Amatan BatakToday, setelah diamankan, penyidik Polres Taput langsung melakukan pemeriksaan secara marathon terhadap tersangka. (TN)

Foto: Tersangka pengedar uang palsu, Parlindungan Panggabeaan saat diperiksa  oleh penyidik di Polres Taput. (bataktoday/tn) 

  • Bagikan