Terminal Dolok Sanggul Mulai Beroperasi Tahun Ini

  • Bagikan

Dolok Sanggul, BatakToday –

Pembangunan Terminal Dolok Sanggul yang sempat terhenti akhirnya dilanjutkan kembali. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbahas) mengalokasikan anggaran sedikitnya Rp 5 miliar pada APBD Tahun Anggaran 2016 untuk menuntaskan pembangunan dan ditargetkan mulai beroperasi penuh pada tahun 2017 mendatang.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Lalulintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Humbahas, Jaulim Simanullang kepada BatakToday di Dolok Sanggul, Jumat (4/3/2016).

Jaulim menjelaskan, tahun ini akan dilakukan pembenahan lapangan terminal berupa pekerjaan penimbunan lahan seluas 31 ribu meter per segi dan pembuatan drainase di tengah lokasi terminal.

“Target kita 2016 ini harus rampung dan sudah mulai digunakan,” jelasnya.

Menurutnya, apabila penimbunan dan pembangunan drainase rampung tahun ini, maka kawasan terminal sudah dapat digunakan sebagai lokasi parkir truk yang angkutan barang ke dan dari pasar tradisional. Setidaknya, menurut Jaulim,  hal itu akan dapat mengurangii 30 persen kemacetan dan kesemrawutan pasar tradisional terutama di hari pecan.

“Karena bus penumpang dari pedesaan belum dapat dipaksakan masuk ke dalam kawasan terminal,” terangnya.

Sementara itu, Marudut Marbun (34), pengusaha angkutan barang yang biasa membawa hasil bumi dari Dolok Sanggul menuju Riau mengatakan, apabila nantinya terminal dijadikan sebagai sarana parkir truk angkutan barang,  sebaiknya disediakan troli dan kereta sorong serta jalur troli antara terminal dengan pasar. Pasalnya, jarak dari pasar tradisional ke terminal mencapai seratur meter dan harus di dukung fasilitas yang baik.

“Akan sangat menguntungkan bagi pekerja angkut barang, karena jasa mereka  pasti akan digunakan oleh para pedagang,” ujarnya. (FT)

Foto: Kepala Bidang. Lalulintas dan Angkutan, Jaulim Manulang. (bataktoday/ft)

  • Bagikan