Nikson Nababan: Sebelum Jabatan Saya Berakhir, Jalan Muara Tolang-Tapsel Tembus

  • Bagikan

Tapanuli Utara, BatakToday –

Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan mengharapkan kerjasama yang sinergis antara pemerintah dengan masyarakat dalam menuntaskan konektivitas jalan antar desa dan dusun di Kecamatan Simangumban. Nikson berjanji akan menuntaskan akses jalan antara Dusun Garaga, Desa Muara Tolang sampai ke perbatasan Kabupaten Tapanuli Selatan.

“Sebelum berakhir masa jabatan saya tahun 2018, saya akan tembuskan jalan Dusun Lumban Garaga, Muara Tolang sampai ke Kabupaten Tapanuli Selatan,” tegas Bupati Nikson dalam sambutannya pada acara Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Kabupaten Taput di Dusun Lumban Garaga  Kecamatan Simangumban,  Senin (07/03/2016).

simangumban_editedBupati mengingatkan, pemerintahan desa bersama masyarakat harus memanfaatkan dengan baik perhatian Presiden yang sangat besar kepada desa-desa terpencil dengan alokasi anggaran yang sangat besar, sehingga percepatan pembangunan desa dapat terwujud.

Sektor kesehatan, lanjut Nikson, juga menjadi sektor prioritas, diantaranya program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) untuk mendorong peningkatan kesehatan anak-anak yang kebal terhadap ancaman penyakit berbahaya.

“Saya mengharapkan Dinas Kesehatan memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk menyadari betapa pentingnya imunisasi untuk anak-anak kita. Disamping itu, saya tegaskan bahwa keberadaan polindes dan puskesmas  harus memadai dan memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat. Puskesmas juga harus memberikan pelayanan 24 jam dan harus dilengkapi dengan fasilitas untuk rawat inap. Para petugas medis, berikan pelayanan yang sepenuh hati dengan penuh keikhlasan,” pintanya.

Bupati Nikson juga meminta para kepala sekolah bersama guru-guru bekerja keras mendorong sekolah-sekolah menjadi taman siswa, dengan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman dan menyenangkan,  sehingga proses belajar-mengajar berjalan dengan baik. Ia berjanji akan menempatkan guru-guru di desa-desa terpencil dengan pemberian insentif satu bulan gaji.

“Disamping mendidik siswa-siswi, para guru juga dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat dan para orang tua. Guru dan orangtua harus menjadi tim yang kompak untuk membentuk generasi yang berkualitas dan berprestasi. Untuk pendidikan usia dini juga menjadi perhatian kita. Setiap desa harus memiliki sekolah PAUD,” terang Bupati.

Bupati Nikson berjanji akan mengerahkan alat-alat berat milik Pemkab Taput untuk membantu pengolahan lahan pertanian di Kecamatan Simangumban, dan memberikan pelayanan pembuatan KTP dan KK gratis,  sehingga masyarakat di desa terpencil dapat merasakan kehadiran pemerintah.

“Mari kita bergerak bersama, seirama menmbangun Tapanuli Utara, menciptakan kekuatan besar untuk membangun daerah ini menjadi sebuah daerah yang maju dan sejahtera di tengah-tengah kehadiran Bandara Silangit yang sudah didarati pesawat Garuda Indonesia,” ujar Bupati mengakhiri sambutannya.

Kadis Kesehatan dr Janri Nababan dalam laporannya menjelaskan, pencanangan PIN akan dilanjutkan dengan pelaksanaan PIN Polio di seluruh Kabupaten Tapanuli Utara  tanggal dari 8-15 Maret 2016, dengan sasaran anak usia 0-59 bulan, dengan sasaran sebanyak 35.268 orang dan bertempat di puskesmas, posyandu, polindes, poskesdes, dan puskesmas pembantu.

Dalam kesempatan itu, Bupati Niksona menyerahkan bantuan kepada kelompok tani dan sekolah, berupa 480 batang bibit pohon mahoni  dari Dinas Kehutanan, 2 unit alat penetas telor ayam dari Dinas Peternakan, dan bantuan alat-alat olahraga dari Dinas Pemuda dan Olahraga.

Turut hadir pada acara, Ketua DPRD Ottoniyer Simanjuntak, Ketua TP PKK  Satika Nikson Nababan boru Simamora, seluruh Kepala SKPD, seluruh Camat, seluruh Kepala Sekolah se-Kecamatan Simangumban, tokoh masyarakat dan tokoh adar Kecamatan Simangumban, dan Kepala Desa se-Kabupaten Tapanuli Utara. (rel/iol)

Foto: Bupati Taput Nikson Nababan melakukan imunisasi kepada seorang anak pada acara Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Kabupaten Taput di  Dusun Lumban Garaga  Kecamatan Simangumban,  Senin (07/03/2016). (ist)

  • Bagikan