Eldin Imbau Warga Medan Shalat Gerhana

  • Bagikan

Medan, BatakToday

Menjelang gerhana matahari total, Rabu (9/3/2016), di sejumlah tempat digelar shalat gerhana. Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin mengimbau warga Medan yang bergama Muslim agar melaksanakan shalat gerhana.

Dia meminta agar masyarakat kota Medan tetap dalam lindungan Tuhan. “Saya mengajak seluruh warga melakukan shalat gerhana. Kita berdoa agar kota kita dalam lindunganNya dan kita tetap sehat,” katanya, Selasa (8/3/2016) usai menghadiri rapat intensifikasi BPHTB Kota Medan di Royal Suite Condotel, Jalan Palang Merah.

Ia tidak melarang warga menyaksikan gerhana tersebut. Namun, Eldin mengatakan bagi masyarakat yang ingin menyaksikan fenomena alam yang terjadi setiap kurun waktu puluhan tahun tersebut, agar menggunakan kaca mata khusus, sesuai dengan standar yang ada, untuk menghindari kerusakan mata.

Sementara, Eldin dan keluarga belum memiliki rencana khusus untuk melihat gerhana matahari. Namun menurutnya, dia lebih memilih melaksanakan shalat gerhana terlebih dahulu.

‪”Saya belum tahu (menonton gerhana), tapi pasti shalat saya besok,” katanya.

Sebagaimana diinformasikan, gerhana matahari total akan melintasi pulau Sumatera. Bahkan di Sumut akan tampak 70 persen, untuk itu sejumlah tempat di Medan akan melakukan pemantauan terjadinya fenomena alam tersebut secara langsung. (AFR)

Foto: Ilustrasi

  • Bagikan