Carut-Marut Aset Pemko Medan, DPRD Evaluasi Kinerja Pansus

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

‪Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan akan melakukan evaluasi atas tabulasi permasalahan aset Pemko Medan yang ditemukan panitia khusus (pansus) aset. Hal itu dilakukan guna mencari kejelasan soal aset yang dimiliki Pemko Medan yang selama ini diindikasi banyak bermasalah.

Hal itu diungkapkan ‪Ketua DPRD Henry Jhon Hutagalung saat menjelaskan hasil kesepakatan dalam rapat dengan Ketua Fraksi, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapperda).

Menurut Henry, salah satu kesepakatan adalah mengkaji kembali soal aset Pemko Medan, termasuk evaluasi atas hasil kerja Pansus Aset.

‪”Salah satu yang kita sepakati adalah soal aset, ini yang akan kita dalami bersama,” jelasnya kepada wartawan di Medan, Kamis (10/3/2016).

‪Diungkapkannya, DPRD Medan saat ini kemungkinan tidak akan membentuk Pansus Aset yang baru, namun disepakati akan mentabulasi apa-apa yang sudah dihasilkan Pansus Aset.

‪”Yang akan kita lakukan adalah mentabulasi apa yang sudah di dapatkan pansus aset sebelumnya, baru kita akan mengambil kesimpulan,” jelas Henry.

Diakuinya, permasalahan aset Pemko menjadi fokus DPRD kedepan, mengingat banyak permasalahan aset milik Pemko Medan yang sampai saat ini belum jelas.

‪”Ada banyak masalah di aset ini, misalnya ada aset yang disewakan dengan harga murah, masalah keabsahan kepemilikan, dan beberapa masalah lainnya. Makanya kita sepakat untuk memperdalam aset ini,” jelasnya.

‪Sementara itu, Politisi Partai Golongan Karya, Sabar Syamsurya Sitepu yang dikonfirmasi terpisah, mendukung langkah DPRD Medan untuk memperdalam masalah aset Pemko Medan yang sampai sekarang banyak yang tidak jelas.

‪”Ini tidak terlepas dari buruknya kinerja Bagian Aset Pemko Medan. Dalam masalah ini, kita tidak melihat adanya gebrakan atau terobosan serius dari Bagian Aset Pemko Medan,” jelasnya.

‪Sabar juga menyarankan, aset-aset Pemko Medan yang di sewakan murah sebaiknya dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) saja, mengingat rasio RTH Kota Medan saat ini masih jauh dibawah standar.

‪”Kita juga menyarankan aset milik Pemko yang belum diberdayakan bisa dijadikan RTH, atau aset-aset yang di sewakan murah baiknya dijadikan RTH,” jelasnya.

Sabar juga mendesak Walikota Medan Dzulmi Eldin untuk menempatkan orang yang tepat di Bagian Aset, karena selama ini masalah aset kerap menjadi persoalan serius.

‪”Bagian Aset perlu orang yang tepat, yang bisa memberikan terobosan dalam pengelolaan aset,” jelasnya. (AFR)

Foto: Ketua DPRD Kota Medan, Henry Jhon Hutagalung.

  • Bagikan