FPPI Nilai Manajemen RSUD Doloksanggul Amburadul

  • Bagikan

Doloksanggul, BatakToday –

Manajemen pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doloksanggul dinilai sangat buruk. Sejumlah pasien yang sudah opname ditemukan tidak mendapatkan observasi. Selain manajemen pelayanan, kebersihan rumah sakit ini juga dinilai parah.

Demikian diungkapkan Ketua DPD Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia (FPPI)  Sumatera Utara, Oslin Pasaribu, Kamis (10/3/2016) saat mengunjungi rumah sakit itu di dampingi istri Wakil Bupati Humbahas, Ny Saut P Simamora boru Sinaga bersama  sejumlah pengurus FPPI Humbahas.

Kepada Direktur RSUD Doloksanggul, dr Sugito Panjaitan, Oslin secara terang-terangan mengungkapkan buruknya manajemen pelayanan di rumah sakit plat merah tersebut.

“Bapak jangan tersinggung, kita memberi nilai 2 untuk manajemen RSUD Doloksanggul ini. Sangat buruk menurut pengamatan kami tadi. Kita menemukan sejumlah pasien yang sudah opname tidak mendapatkan observasi. Selain itu, ruangan ICU (intensive care unit-red) tidak memiliki AC yang fungsinya untuk meminimalisir perkembangan virus penyakit,” ujar Oslin.

Oslin juga mengkritisi aspek transparansi pelayanan. Seharusnya, kata Oslin,  pasien dan keluarganya harus mengetahui hak mereka.

“Hak pasien itu harus dijelaskan dan dibuat brosurnya di rumah sakit. Jangan hanya kewajiban pasien saja yang dijelaskan,” sambung Oslin.

Disisi lain, lanjut Oslin, keberadaan sampah dan limbah atau sanitasi rumah sakit juga sangat buruk.

“Kalau di ruang ICU saja sampah sudah banyak, itu namanya pasien jadi tambah sakit. Belum lagi sanitasi rumah sakit itu masih jauh dibawah standar,” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Direktur RSUD Doloksanggul, dr Sugito Panjaitan, mengatakan bahwa pihaknya mengaku sangat berterima kasih atas saran dan kritik yang disampaikan pihak FPPI Sumut.

“Apa yang disampaikan mereka (FPPI-red) tadi adalah masukan yang baik dan berharga bagi kami. Kita akan berupaya untuk memperbaiki kekurangan itu,” kata dr Sugito. (FT)

Foto:  Ketua DPD FPPI Sumut, Oslin Pasaribu (tengah) didampingi istri Wakil Bupati Humbahas Ny Saut P Simamora boru Sinaga (kiri) saat meninjau pelayanan di RSUD Doloksanggul. (bataktoday/ft)

  • Bagikan