Pemko Medan ‘Menyerah’, Segera Tertibkan Pedagang Jalan Sutomo

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Setelah pedagang Pasar Induk memaksa, akhirnya Pemerintah Kota (Pemko) Medan memutuskan untuk menertibkan pedagang kaki lima Jalan Sutomo. Rapat persipan penertiban digelar di Balai Kota Medan, Jumat (11/3/2016). Tak ingin kehilangan muka, Wakil Walikota Akhyar Nasution menampik penertiban dilakukan karena demo pedagang Pasar Induk, Kamis (10/3/2016) kemarin (baca juga: https://bataktoday.com/pedagang-pasar-induk-geruduk-balai-kota-medan).

Rapat dihadiri SKPD terkait, perwakilan dari Polresta Medan, Dandim 0201/BS,  dan Denpom I/5 Medan. Sejumlah strategi penertiban yang akan dilakukan dibahas dalam rapat tersebut.

“Jadi dasar penertiban yang kita lakukan ini bukan karena demo yang dilakukan para pedagang kemarin. Penertiban ini semata-mata dilakukan untuk penegakan perda. Di samping itu kita ingin mengamankan aset daerah (Jalan Sutomo dan sekitarnya)  dan mengembalikan fungsinya sebagai fasilitas umum,” dalih Akhyar.

Akhyar menegaskan, penertiban kali ini harus berhasil, tidak boleh gagal seperti beberapakali penertiban yang dilakukan sebelumnya. Usai ditertibkan, kawasan tersebut akan ditata, baik infrastruktur jalan, drainase yang tersumbat serta membangun sejumlah taman, sehingga warga sekitar merasa lebih aman dan nyaman, termasuk pemasangan lampu jalan sehingga Jalan Sutomo dan sekitarnya terang benderang.

Akhyar meminta agar dirancang strategi penertiban yang efektif namun sedapat mungkin dengan ekses seminimal mungkin. Disamping itu, penertiban harus dilakukan terbuka, artinya seluruh personel yang ikut penertiban menggunakan pakaian dinas.

Diperkirakan, lebih 1.000 personel akan diturunkan untuk mensterilkan kawasan Jalan Sutomo dan sekitarnya dari pedagang kaki lima, yakni 300 personel Satpol PP, 150 petugas Dinas Perhubungan, 50 petugas PD Pasar, serta ditambah dengan 500 orang kepala lingkungan.

“Jumlah ini akan bertambah lagi, sebab pada saat melakukan penertiban nanti kita akan didukung tambahan personel dari Polresta Medan, Kodim 0201/BS serta Denpom I/5 Medan. Sedangkan yang memimpin penertiban adalah Kasatpol PP Kota Medan. Dengan kebersamaan dan dukungan ini, Insya Allah penertiban yang dilakukan ini berhasil,” ungkapnya.

Kasatpol PP Kota Medan, M Sofyan, menyatakan kesiapan seluruh personelnya untuk melakukan penertiban. Ditambah dukungan personel dari Polresta Medan, Kodim 0201/BS dan Denpom I/5 Medan, Sofyan optimis penertiban kali ini maksimal. Dengan kekuatan lebih dari 1.000 personel setiap harinya, kawasan Jalan Sutomo dan sekitarnya diyakininya akan bersih darin pedagang kaki lima.

Disamping dukungan personel, Sofyan juga minta bantuan Dinas Kebersihan, Dinas Bina Marga dan Dinas Pertamanan, untuk menurunkan peralatan seperti truk guna mendukung efektifitas dan kelancaran penertiban.

“Keberadaan truk diperlukan untuk mengangkut dagangan yang ditertibkan nanti,” jelas Sofyan.

Komitmen Pemko Medan untuk membersihkan pedagang kaki lima dari Jalan Sutomo dan sekitarnya mendapat dukungan penuh dari Polresta Medan, Kodim 0201/BS dan Denpom I/5. Masing-masing perwakilan menyatakan siap membantu, sehingga Jalan Sutomo dan sekitarnya kembali menjadi fasilitas umum. (AFR)

Foto: Suasana rapat koordinasi yang dipimpin Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution di Balai Kota Medan, Jumat (11/3/2016). (bataktoday/afr)

  • Bagikan