Yasona Lantik Pengurus DPD Yayasan Komunikasi Indonesia Sumut

  • Bagikan

Medan, BatakToday

Menteri Hukum dan HAM lantik pengurusan Yayasan Komunikasi Indonesia (YKI) Sumut di Grand Aston Hotel, Medan, Minggu (13/3). Pada kesempatan yang sama Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengajak tokoh masyarakat untuk terlibat aktif dan memberikan kontribusi nyata di berbagai bidang dalam mendorong laju roda pembangunan.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Laoly, Ketua Pembinan DPP YKI Sabam Sirait, Ketua DPP Dr Bernard Nainggolan, Ketua Pembina YKI Sumut RE Nainggolan, Ketua YKI Sumut Juliski Simorangkir, sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh pemuda lainnya.

Dalam kesempatan itu, Erry menyatakan, Sumut memiliki banyak tokoh yang telah berkiprah ditingkat nasional yang memiliki peran strategis di sejumlah instansi. Kendati demikian, perkembangan dan kemajuan Sumut belum sepesat provinsi lain.

“Kita pantas bangga karena ada empat menteri yang berasal dari Sumut. Selain itu masih banyak tokoh Sumut lain yang ada di pusat. Para tokoh asal ini merupakan potensi besar yang diharapkan dapat mendukung kemajuan pembangunan Sumatera Utara,” harap Erry.

Untuk itu, Erry mengajak seluruh tokoh bersinergi dalam mendorong perkembangan dan kemajuan Sumut dengan menggerakkan segala kemampuan yang dimiliki, agar sumut menjadi provinsi terdepan sebagai etalase Indonesia bagian barat.

“Kita berharap Sumut menjadi Provinsi terdepan. Walaupun dari sisi jumlah penduduk kita berada di posisi ke empat, namun dari sisi prestasi masih jauh. Mari bergandengan tangan, tidak perlu mencari perbedaan,” ajak Erry.

Pemerintah pusat saat ini memberikan perhatian serius pada pengembangan kawasan strategis Nasional Danau Toba. Prorgam tersebut harus mendapat respon positif dari seluruh pemegang kebijakan di tingkat kabupaten/kota, terutama 7 kabupaten di kawasan Danau Toba.

“Kita berterimakasih, pusat beri perhatian khususnya dalam rangka menyambut pembentukan badan otorita Danau Toba. Danau Toba akan menjadi Monaco of Asia, bukan hanya membangun infrastruktur, namun juga masyarakatnya,” sebut Erry.

Erry mengharapkan, YKI Sumut juga berperan aktif dalam mengkomunikasi pengembangan kawasan Danau Toba. Baik kepada masyarakat di sekitar Danau Toba maupun ke mancanegara.

Sementara Menhuk HAM Yasonna Laoly menegaskan, pembentukan YKI harus membawa perubahan signifikan bagi perkembangan Sumut dengan memberikan kontribusi nyata dari berbagai bidang, terutama dalam bidang sinergitas komunikasi.

“Danau Toba akan dijadikan icon nasional. Kita juga harus berperan mendorong hal ini terwujud. Tentu dengan sungguh-sungguh,” sebut Laoly.

Menurut Laoly, pemerintah pusat telah membuktikan komitmennya untuk menjadikan Danau Toba Monaco of Asia. Tentu pemerintah provinsi dan 7 kabupaten harus menyambut program tersebut dengan baik. Salah satunya dengan menggalakkan permberdayaan masyarakat melalui program UMKM.

“Sumut punya potensi besar. Peran yayasan YKI harus terasa. Kalau bersinergi bahu- membahu dalam membangun, Sumut akan sejahtera,” ujar Yaoly optimis.

Ketua Pembina YKI Sumut RE Nainggolan mengatakan, pihaknya akan bersinergi dengan pemerintah mencari solusi persoalan sosial melalui pendekatan keagamaan.

“Memang ironis, bahwa Sumut menjadi zona merah narkoba. Salah satu tugas YKI adalah bagaimana menghempang narkoba. Selain itu ada persoalan HIV-AIDS yang justeru banyak berada di kantong-kantong Kristen. Ini persoalan serius,” sebut RE.

RE mengatakan, Danau toba telah menjadi fokus perhatian pemerintah. Perhatian tersebut bertujuan memberi kesejahteraan bagi masyarakat sekitar Danau Toba.

“Kami beranggapan, masyarakat harus terlibat berdiskusi mencari solusi berbagai persoalan. Masyarakat bersama pemerintah seiring dan sejalan membangun Sumut,” harap RE Nainggolan.

Susunan kepengurusan yang dilantik sesuai dengan SK DPP yang dibacakan Sekretaris DPP Sunggul Siahaan, yaitu Ketua Dewan Pembina DPD Sumut Dr RE Nainggolan MM. Anggota: Polin Pospos PhD, Nelson Parapat SH, John Eron Lumbangaol SE, Japorman Saragih, Prof Sukaria Sinulingga PhD, Dr Edward Simanjuntak MM, Dr Gandhi Tambunan MSi, JA Ferdinandus, Rapotan Tambunan SH MH, Pdt Patut Sipahutar MTh, Dr Tommy Leonard SH MKn, Sihar Cibro, Prof Dr Erika Saragih, Ester Junita Ginting SE, Prof Dr Marlon Sihombing, Victor Siahaan SH MHum, dan Landen Marbun.

Sementara Kepengurusan DPD Sumut, yaitu Ketua Ir Juliski Simorangkir MM, wakil-wakilnya Drs Effendi Napitupulu, Parapat Gultom PhD, Ir Ronald Naibaho MSi, Prof Dr Prihatin Lumbanraja MSi, Turunan Gulo SP MSP, John Berlin Damanik SE MM, Emerson Pancawira Sinulingga ST MSi PhD. Sekretaris, Jadi Pane SPd, wakil sekretaris Dr Ester Nababan MSi, Bendhard Sinaga SE, Roni Sihombing SPd. Bendahara Jubel Tambunan SE, Wakil Bendahara Ray Bahara Sitorus SE, Ir S Gito Hutapea.

Bidang Kaderisasi Ir Anung Gunawan MSi, Bidang Sosial Drg Annita, Bidang Hukum Dr Budiman Sinaga SH MH, Bidang Ekonomi Darmin SE MBA, Bidang Humas dan Publikasi Adol Frian Rumaijuk STP, Bidang Penelitian dan pengembangan Pdt Dr Mindawati Peranginangin. (AFR)

Foto:

Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Menkum HAM Yasonna Laoly, Ketua Pembinan DPP YKI Sabam Sirait, Ketua DPP Dr Bernard Nainggolan, Ketua Pembina YKI Sumut RE Nainggolan dan Ketua YKI Sumut J Simorangkir, berfoto bersama usai pelantikan Pengurus Yayasan Komunikasi Indonesia (YKI) Sumut di Hotel Grand Aston, Jl Balaikota Medan, Minggu (13/3/2016) (afr/bataktoday)

  • Bagikan