Catur Wisata Terbuka Tobasa 2016, Ajang Unjuk Gigi ‘Master Gelap’ Sumut

  • Bagikan

Toba Samosir, BatakToday –

Mulai hari ini, Senin (14/3/2016) hingga Kamis (17/3/2016) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tobasa bekerjasama dengan KONI Tobasa menggelar turnamen Catur Wisata di lokasi wisata Waterpark Tambunan Lumbangaol, Balige. Turnamen diperkirakan diikuti 150 peserta dari Sumut maupun provinsi tetangga.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tobasa, Ultri Sonlihar Simangunsong via selular kepada BatakToday, pagi ini.

“Disamping utk menggairahkan olahraga catur dan menjadi ajang resmi bagi para ‘master gelap’ yang ada di bonapasogit, turnamen ini juga dikemas untuk memperkenalkan lokasi wisata yg ada di Tobasa, sekaligus menginformasikan bahwa Tobasa berada dalam kawasan strategis nasional (KSN), berada dalam kawasan strategis pariwisata nasional, dan masuk 10 besar destinasi unggulan yang serius dibangun oleh Presiden Jokowi melalui kelembagaan Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba,” terang Ultri.

Ultri menambahkan, momen turnamen Catur Wisata juga akan dimanfaatkan untuk sosialisasi gerakan bersama memperjuangkan kawasan Danau Toba  menuju Geopark Kaldera Toba.

“Kita akan perkenalkan komik anak Supervolcano Toba yg menceritakan legenda maupun sejarah Danau Toba modern dlm bentuk komik, sehingga anak-anak sejak dini memiliki pemahaman yg baik tentang Danau Toba, dan berperan aktif menjaga dan melestarikannya,” ujarnya.

Konfirmasi lebih lanjut kepada  Ketua KONI Tobasa Alfarid Simanjuntak selaku ketua panitia hingga berita ini belum mendapat tanggapan. (ajvg)

  • Bagikan