Kapoldasu Baru Disambut Tarian dan Acara Adat

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Penyambutan orang nomor satu di jajaran Polda Sumut, Irjen Pol Raden Budi Winarso bersama istri,  disambut dengan pagelaran tarian dan acara adat. ‪di Mapolda Sumut, Senin (14/3/2016) pagi.

Sekitar pukul 08.00 WIB, ‪Irjen Pol Raden Budi Winarso tiba di Mapolda Sumut,  disambut pejabat lama Irjen Pol Ngadino, Wakapoldasu Brigjen Adi Pranoto dan seluruh pejabat utama Poldasu dan Polres jajarannya.

‪Saat memasuki gerbang Mapolda, mantan Kadiv Propam Mabes Polri ini disambut dengan tari-tarian Karo, Melayu dan Batak.

‪Tak hanya itu, Budi Winarso juga disematkan ulos, kalung bunga, serta ditaburkan beras “Sipir ni Tondi”., dan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dari kalangan perwira.

‪‪Irjen Pol Raden Budi Winarso resmi menjabat Kapoldasu atau lebih sering disebut dengan Toba I, menggantikan Irjen Pol Ngadino dalam acara serah terima jabatan di Mabes Polri beberapa waktu lalu.

‪‪Irjen Budi Winarso adalah lulusan Akpol tahun 1982, seangkatan dengan Kapolri Jendral Badrodin Haiti. Berbagai jabatan pernah diembannya sebelum akhirnya menjadi orang nomor satu di jajaran Poldasu.

Pada 9 September 2002, ia dipercaya menjadi Kapolres Jakarta Timur menggantikan Kombes (Pol) Muhammad Idrus Gassing.

‪Setelah malang melintang di jajaran Polda Metro Jaya, pada 2 Oktober 2008, Kombes Raden Budi Winarso dimutasi dari Karo Ops Polda Metro Jaya menjadi Wakapolda Lampung.

‪Selanjutnya, 12 Februari 2009, Raden resmi naik pangkat dari Kombes ke Brigjen bersama 17 pati lainnya. Jabatan Raden Budi adalah Direktur Samapta Babinkam SDEOPS Polri.

Kemudian, ‪5 Mei 2010 ia menggantikan Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol Didik Tatok Prijandiono. Dan tak lama kemudian, ‪29 September 2010 menjabat Kapolda Kepri menggantikan Brigjen Pol Pudji Hartanto yang dimutasi sebagai staf ahli Kapolri.

‪Dan pada ‪23 April 2012, Budi ditarik ke Jakarta menjadi Karo Jianbang Lemdikpol. Pada ‪12 Juni 2015 mendapat promosi ke jabatan strategis dari Karojianbang Lemdikpol menjadi Kadiv Propam Polri, menggantikan Komjen Syafrudin yang sudah lebih dulu menjabat Kalemdikpol. (AFR)

Foto: Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) yang baru, Irjen Pol Raden Budi Winarso didampingi istri, mendapat penyematan ulos dan kalungan bunga pada acara penyambutan di Mapoldasu, Senin (14/3/2016). (bataktoday/afr)

  • Bagikan