PD Pasar Horas Jaya Siantar Kelola Parkir Liar?

  • Bagikan
?????????????

Pematangsiantar, BatakToday –

Ruas jalan dalam komplek Gedung I Pasar Horas Pematangsiantar tampak telah dijadikan lahan parkir oleh PD Pasar Horas Jaya. Para pedagang di sekitar lokasi menjelaskan, ruas jalan masuk itu sudah lama menjadi tempat parkir kendaraan roda dua, dan dinilai mengganggu pergerakan masyarakat yang berbelanja maupun pedagang.

Amatan BatakToday Jumat (11/3/2016) sekitar pukul 13.00 WIB, deretan parkir kendaraan roda dua   menyulitkan pergerakan pembeli, terutama untuk menaiki tangga menuju lantai dua.

Seorang pedagang yang enggan namanya disebut mengatakan, lokasi itu sudah lama digunakan menjadi lokasi parkir.

“PD Pasar bukannya menertibkan Pasar Horas ini. Harusnya mereka (manajemen PD Pasar Horas Jaya-red) memberi kenyamanan bagi pengunjung,” ujarnya.

Deretan parkir kendaraan roda dua di depan tangga menuju lantai 2 Pasar Horas menyulitkan pergerakan pembeli. (bataktoday/em)
Deretan parkir kendaraan roda dua di depan tangga menuju lantai 2 Pasar Horas menyulitkan pergerakan pembeli. (bataktoday/em)

Sementara itu, seorang juru parkir ketika dikonfirmasi menjelaskan, kutipan uang parkir disetorkan ke pihak PD Pasar Horas Jaya.

“Tanya aja PD Pasar,  aku hanya jaga parkir disini,” ujarnya ketika diminta penjelasan tentang jumlah setoran setiap hari.

Dirut PD Pasar, Setia Siagian, ketika akan dikonfirmasi di kantornya, tidak berada di tempat, dan telepon selulernya tidak aktif. Para pegawai PD Pasar Horas Jaya yang berada di kantor tersebut juga tidak ada yang bersedia dikonfirmasi.

Sumber BatakToday di Inspektorat Kota Pematangsiantar menjelaskan, tidak terdapat jenis pendapatan pengelolaan parkir di PD Pasar Horas Jaya.

“Saya sudah cek di laporan keuangan PD Pasar Horas Jaya tahun buku 2015. Tidak ada pendapatan dari parkir. Harusnya itu menjadi salah satu jenis pendapatan lain-lain,” ujar auditor yang meminta namanya tidak dipublikasi ini kepada BatakToday via seluler, Senin (14/3/2016) siang.

Ia menjelaskan, jika benar PD Pasar Horas Jaya mengelola parkir, maka selain menjadi pendapatan perusahaan daerah itu, juga menjadi objek Pajak Parkir yang dikelola Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD).

“PD Pasar Horas Jaya adalah BUMD, kekayaan daerah yang dipisahkan, jadi harus diperlakukan sama dengan perusahaan lain yang mengelola fasilitas parkir. Dikenakan Pajak Parkir. Kalau Ramayana dan Siantar Plaza dikenakan Pajak Parkir, maka PD Pasar juga,” terangnya.

Sumber BatakToday menambahkan, hingga saat ini PD Pasar Horas Jaya belum ditetapkan oleh DPPKAD sebagai wajib pajak parkir.

“Seingat saya belum ditetapkan. Tapi sebaiknya konfirmasi aja DPPKAD,” tutupnya.

Hingga berita ini, BatakToday belum berhasil melakukan konfirmasi kepada pihak DPPKAD Kota Pematangsiantar. (EM/ajvg)

Foto: Jalan dalam komplek Pasar Horas Pematangsiantar yang digunakan menjadi lahan parkir. Foto diambil Jumat, (11/3/2016). (bataktoday/em)

  • Bagikan