Oberlin Malau: Ketua DPRD Bukan Kepala Dinas

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday –

Keberangkatan Ketua DPRD Kota Pematangsiantar Eliakim Simanjuntak bersama Wakil Ketua Timbul Lingga dan anggota DPRD Kennedy Parapat didampingi Sekretaris DPRD Mahadin Sitanggang yang diinformasikan untuk membicarakan masalah Pilkada Pematangsiantar dengan Menteri Dalam Negeri (mendagri) menuai kritik dari kalangan anggota DPRD Kota Pematangsiantar.

Ketua Fraksi Gerindra Oberlin Malau mengatakan, jika kunjungan ketua dan rombongan mengatasnamakan lembaga DPRD, maka kunjungan  itu tidak memenuhi prosedur sesuai tata tertib yang berlaku di DPRD.

“Saya tau Ketua DPRD dan rombongannya berangkat ke Jakarta untuk bertemu mendagri. Tapi kunjungan mereka kesana apakah mengatasnamakan DPRD atau pribadi dan tujuan kunjungannya untuk apa,  terus terang saya  sebagai anggota DPRD Siantar tidak tau sama sekali,” ujar Oberlin kepada BatakToday di Gedung DPRD Jalan Adam Malik, Rabu (16/3/2016).

Menurut Oberlin, jika Ketua DPRD bertemu mendagri atas nama DPRD,  sebelum melakukan kunjungan resmi harus melakukan rapat resmi dulu dengan anggota DPRD.

“Kalau sudah seperti ini, malu saya sebagai anggota DPRD Siantar, tidak tau secara resmi  tujuan kunjungan lembaga saya untuk apa. Sebagai seorang Ketua DPRD, masa Eliakim tidak mengerti prosedur dalam melakukan kunjungan kerja,” katanya.

Saat ditanya dana yang digunakan rombongan Eliakim untuk biaya perjalanan ke Jakarta, Oberlin mengaku tidak tahu persis.

“Dugaan saya (menggunakan) APBD,” jawabnya.

Mantan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Pematangsiantar ini mengingatkan, pengambilan keputusan di DPRD sifatnya kolektif kolegial. Menurutnya, agenda-agenda penting yang mengatasnakaman lembaga DPRD seharusnya melalui pembahasan dalam rapat-rapat DPRD.

“Ketua (DPRD) bukan kepala dinas ya, jangan salah,” pungkas Oberlin. (EM)

Foto: Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Pematangsiantar, Oberlin Malau. (bataktoday/em)

  • Bagikan