Zaedar Rasepta Kajari Doloksanggul Baru, Gantikan Herus Batubara

  • Bagikan

Doloksanggul, BatakToday –

Dalihan na Tolu (filosofi batak-red) menjadi pertimbangan yang sangat berpengaruh dalam menyelesaikan persoalan hukum di Tano Batak. Pemecahan permasalahan yang mengedepankan azas kekeluargaan sebelum diproses hukum telah menjadi tradisi di Bumi Bonapasogit Kabupaten Humbang Hasundutan. Penyesuaian diri di wilayah kerja atau tempat bertugas yang baru merupakan modal awal untuk dapat bekerja dengan baik.

Demikian disampaikan tokoh masyarakat Humbang Hasundutan RW Manalu dalam sambutannya pada acara pisah sambut Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Doloksanggul antara Kajari lama Herus Batubara dengan Kajari baru Zaedar Rasepta, di Pendopo Kantor Bupati, Bukit Inspirasi Doloksanggul, Rabu (16/3/2016) malam.

“Kita sangat berharap, agar persoalan yang nantinya ditangani oleh pihak kejaksaan yang dipimpin Kajari Doloksanggul yang baru ini, tetap mengedepankan Dalihan Na Tolu. Artinya, segala persolan layaknya lebih dulu dibicarakan secara kekeluargaan sebelum masuk proses hukum,” pintanya.

Sementara, Ketua DPRD Humbahas, Manaek Hutasoit berharap, komunikasi yang selama ini terjalin dengan mantan Kajari Herus Batubara, dapat dilanjutkan dengan Kajari baru, Zaedar Rasepta.

“Saya yakin Kajari yang baru, Bapak Zaedar Rasepta  bisa menjadi teman yang baik juga nantinya, dan mempersembahkan yang terbaik bagi Humbang Hasundutan,” katanya.

Kajari Doloksanggul lama, Herus Batubara dalam sambutannya berharap, hubungan yang selama ini telah terjalin baik dengan penyelenggara pemerintahan Kabupaten Humbahas dapat terus terbina bahkan lebih baik lagi.

“Kerjasama antara Kajari Doloksanggul yang baru bersama pemerintah yang dipimpin oleh Bapak Dosmar Banjarnahor dan Saut Parlindungan Simamora tentunya lebih baik dari sebelumnya,” ujar Herus.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Humbahas, Wakil Bupati Saut Parlindungan Simamora dalam sambutannya mengatakan, karakter masyarakat di Kabupaten Humbahas ini sedikit keras, namun sesungguhnya memiliki hati yang lembut. Saut berharap komunikasi yang baik dapat terjalin antara Pemkab Humbahas dengan Kajari Doloksanggul dan jajarannya.

“Kiranya pihak kejaksaan dengan pemerintah senantiasa menjalin hubungan baik,” pintanya.

Acara pisah sambut diwarnai penyerahan cindera mata Ulos Batak oleh Pemkab Humbahas kepada Kajari lama Herus Batubara dan Kajari baru Zaedar Rasepta, dipimpin langsung oleh Bupati Dosmar Banjarnahor.

Tampak hadir pada acara, Ketua Pengadilan Negeri Mian Munthe, Sekretaris Daerah Saul Situmorang, Wakapolres Humbahas Kompol. M Hutabarat, , perwakilan Kodim 0210, personil kejakasaan dan kepolisian, para pimpinan SKPD, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda.

Zaedar Septa sebelumnya menjabat sebagai koordinator di Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, sementara Herus Batubara akan menempati jabatan baru sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Sragen, Jawa Tengah. (FT)

Foto: Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor bersama tokoh masyarakat dan pemuda saat memberikan cindera mata Ulos Batak kepada Kajari Doloksanggul lama Herus Batubara (kiri), dan Kajari bari Zaedar Rasepta (kanan) pada acara pisah sambut di Pendopo Kantor Bupati, Bukit Inspirasi Doloksanggul, Rabu (16/3/2016) malam. (bataktoday/ft)

  • Bagikan