21-24 Maret, Verifikasi Faktual Dukungan Paslon Fernando-Arsidi

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday –

Untuk menindaklanjuti putusan Mahkamah Agung yang mengabulkan sebagian permohonan gugatan Fernando-Arsidi, KPU Kota Pematangsiantar akan melakukan verifikasi faktual terhadap dukungan kepada bakal pasangan calon (paslon) Fernando Simanjuntak-Arsidi pada tanggal 21-24 Maret mendatang.

Demikian disampaikan Ketua KPU Kota Pematangsiantar, Mangasi Tua Purba usai menggelar sosialisasi kepada PPK dan PPS, Kamis (17/3/2016) .

“Kita akan melakukan verifikasi terhadap pasangan calon Fernando-Arsidi pada tanggal 21-24 Maret ini. Waktu verifikasinya akan dilaksanakan mulai pukul 08.00- 12.00 WIB. Maka untuk melakukan verifikasi ini kita telah mengaktifkan kembali PPK dan PPS pada tanggal 10 Maret,” kata Mangasi.

Mangasi menambahkan, pihaknya sudah menyampaikan undangan kepada paslon Fernando-Arsidi perihal pelaksanaan verifikasi faktual dimaksud.

“Tadi pukul 11.00 WIB, tim dan bakal paslon sudah hadir di KPU dan  kita sudah serahkan surat tentang putusan tahapan, jadwal dan program untuk menjalankan putusan Mahkamah Agung. Kita juga mengundang Panwas untuk ikut sosialisasi dengan PPK dan PPS ini. Maka besok kita akan melakukan koordinasi dengan Panwas, Pemerintah Kota dan Kepolisian terkait jadwal verifikasi ini,” terangnya.

Mangasi menegaskan,  pelaksanaan verifikasi oleh KPU Kota Pematangsiantar tidak memerlukan persetujuan bakal paslon Fernando-Arsidi, karena pelaksanaan verifikasi pada prinsipnya dilakukan untuk melaksanakan putusan Mahakamah Agung.

“Pada saat pertemuan tadi, paslon Fernando-Arsidi sempat menanyakan poin ke 4 putusan Mahakamah Agung yang menyatakan memproses lebih lanjut verifikasi factual. Jadi pemahaman mereka mungkin berbeda dengan sikap KPUD dalam menindaklanjuti putusan Mahakamah Agung,” ungkap Mangasi.

Mangasi menambahkan, tidak ada lagi kendala untuk pelaksanaan verifikasi, karena PPK dan PPS sudah diaktifkan kembali, koordinasi dengan Panwwas sudah dilakukan, dan anggaran pelaksanaan verifikasi sudah tersedia.

“Tinggal Panwas-nya, ketika nanti mereka sudah mengaktifkan panwascam untuk mensosialisasikan seperti apa metode pengawasan dalam verifikasi. Kita juga akan meminta bantuan pengamanan dari pihak kepolisian saat verifikasi, baik di tingkat kelurahan maupun kecamatan,” ujar Mangasi mengakhiri pembicaraan. (EM)

Foto: KPU Kota Pematangsiantar melaksanakan sosialisasi pelaksanaan verifikasi faktual atas dukungan paslon Fernando-Arsidi kepada petugas PPK dan PPS di Kantor KPUD Jalan Porsea, Kamis (17/3/206). (bataktoday/em)

  • Bagikan