Turnamen Union Cup VIII Dibuka, Puaskan “Dahaga” Pecinta Sepakbola Siantar-Simalungun

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday

Empat orang pemain asing asal Nigeria, Chili dan Uruguay yang bergabung dalam Tim Sepak Bola PS PKS Marihat Simalungun tampak mencuri perhatian penonton serta memeriahkan pertandingan perdana melawan PS Tara Labuhan Batu Selatan, dalam pembukaan Turnamen Sepak Bola Union Cup Ke VIII, Jumat sore (18/3) di Stadion Brigjen (Purn) Mardjan TS Saragih Kompleks Kodim 0207/Simalungun.

Agenda rutin Kodim 0207/Simalungun yang dibuka Danrem 022/PT Kolonel Inf Toto Nurwanto,SIP,M.Si mewakili Pangdam I/BB Mayjen Lodewik Pusung, melalui tendangan kehormatan ini, disponsortunggali oleh PT. STTC Pematangsiantar. Dalam arahannya yang dibacakan Danrem, Pangdam mengharapkan agar turnamen ini bisa berjalan dengan baik dan sportif.

“Turnamen ini diharapkan bisa menggugah masyarakat untuk giat berolahraga dan akan terseleksi bibit-bibit sepak bola yang berbakat. Baik pemain maupun para suporter harus menjunjung tinggi sportivitas,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Penjabat Walikota Pematangsiantar, Drs. Jumsadi Damanik, SH,M.Hum mengharapkan agar kompetisi yang telah berlangsung selama 8 tahun ini bisa semakin berkualitas dan mampu membangkitkan semangat berolahraga bagi masyarakat, khususnya di Pematang Siantar dan Simalungun.

“Kompetisi ini kita harapkan potensial guna mencari bibit-bibit sepak bola yang bisa dibina untuk terus berprestasi. Saya bangga melihat ada tim kesebelasan dari Pemko Pematangsiantar yang ikut bertanding,” katanya.

Tim PPKS Marihat Simalungun, sebelum turun dalam pertandingan perdana, pada turnamen Union Cup Ke-VIII (em/bataktoday)
Tim PPKS Marihat Simalungun, sebelum turun dalam pertandingan perdana, pada turnamen Union Cup Ke-VIII (em/bataktoday)

Turnamen yang diikuti sebanyak 12 tim dari berbagai kota/kabupaten di Provinsi Sumatera Utara ini, menurut laporan Wakil Ketua Panitia, Dandim 0207/Simalungun Mayor Adi Sutrisno akan berlangsung hingga awal April 2016 mendatang. Para peserta antara lain: PS Thamrin Graha Metropolitan Medan, PS. Mencirim City Medan, PSAD  KodamI/BB, PS. PPKS Marihat Simalungun, PS. Pemko Tebingtinggi, PS. Atgama Serdang Bedagai, PS. Arjuna Binjai, PS. Putra Dairi, PS. Labura Jaya, PS. Persetara AEP Labusel, PS. Pemko Siantar dan PS. Deli Serdang United.

Turnamen yang memperebutkan piala bergilir dan piala tetap ini, menurut Presiden Direktur PT.STTC, Edwin Bingei Purba Siboro dalam sambutannya, juga dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Pematangsiantar Ke 145 yang jatuh pada 24 April mendatang.

“Sebagai putra daerah ini, saya terpanggil untuk mengembangkan olahraga dalam rangka menggugah semangat berolahraga di kalangan masyarakat. Pentingnya berolahraga secara teratur harus senantiasa digalakkan dan dibiasakan, namun harus dilangsungkan dalam suasana yang sehat meskipun ada kompetisi,” katanya.

Tampak hadir pada pembukaan turnamen tersebut, Dandim 0207/Simalungun, Letkol Inf.Oni Kristyono Goendong SH bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun, para pejabat di jajaran Korem 022/PT dan Kodim 0207/Simalungun serta sejumlah pimpinan BUMN Cabang Pematangsiantar.

Ketika BatakToday menyapa Silalahi (30), salah seorang pecinta sepak bola di Kota Siantar, dia menyatakan apresiasinya untuk penyelenggaran turnamen ini.

“Sebagai warga Siantar, kita sangat mengapresiasi turnamen sepakbola Union Cup ini lah, Lae. Ini digelar setiap tahun,  dan dengan adanya turnamen Union Cup ini, sudah pasti menjadi hiburan lah Lae. Di Siantar ini jarang ada turnamen sepakbola, Lae,” ujar Silalahi.

Tim PS. Persetara AEP Torgamba-Labusel, sebelum menghadapi PPKS Marihat, Union Cup Ke-VIII (em/bataktoday)
Tim PS. Persetara AEP Torgamba-Labusel, sebelum menghadapi PPKS Marihat, Union Cup Ke-VIII (em/bataktoday)

Hal yang sama dikatakan Malau (27), warga Siantar yang juga hobby sepak bola. Menurut Malau, dengan adanya  Union Cup ini, selama sebulan  pasti akan menjadi hiburan untuk masyarakat kota Siantar yang sangat jarang menyaksikan secara langsung  pertandingan sepak bola.

“Terus terang saya sebagai warga Siantar sangat terhibur dengan adanya turnamen Union Cup ini. Selain  bisa menonton langsung tim-tim terbaik di Sumatra Utara, Union Cup  ini juga merupakan salah satu turnamen sepakbola yang  sangat bergengsi di Sumatra Utara, karena yang bertanding merupakan pemain-pemain terbaik, bahkan ada juga pemain asingnya,” ungkap Malau.

PS PPKS Marihat Vs Persetara AEP Torgamba: 4-0

Usai acara pembukaan Union Cup VIII, PS PPKS Marihat Vs Persetara AEP Torgamba menjadi tim yang pertama bertanding, pada sore itu, Jumat (18/3).

PS PPKS Marihat dengan 4 pemain asing diantaranya Ronald Fagundes (Uruguay), Julio Eduardo (Chili), Olysa Yakhno dan Anthony Etim (Nigeria) mulai membombardir pertahanan Persetara AEP sejak menit awal pertandingan dimulai.

Sesaat sebelum gol pertama PS PPKS Marihat yang tercipta menit ke-26, oleh Yopi Noya, nomor punggung 10 (at/bataktoday)
Sesaat sebelum gol pertama PS PPKS Marihat yang tercipta menit ke-26, oleh Yopi Noya, nomor punggung 10 (at/bataktoday)

Gol pertama PS PPKS Marihat tercipta menit ke-26 melalui sepakan kaki kanan pemain bernomor punggung 10 Yopi Noya. 1-0 untuk PS PPKS Marihat, dan skor ini bertahan hingga babak pertama selesai.

Di babak kedua PS PPKS Marihat menambah daya gempur dengan memasukkan Johan Simajuntak pada menit 65. Dan hasilnya pemain bernomor punggung 9 yang juga bermain untuk Persinga Ngawi ini menambah 2 gol untuk PS PPKS Marihat pada menit ke-75 dan ke-82.

Tidak cukup sampai disitu, Persetara AEP Torgamba harus kembali tertunduk di menit ke-85 setelah pemain PS PPKS Marihat Edy Syaputra kembali mencetak gol, 4-0 buat PS PPKS Marihat.

Sampai Wasit meniup pluit panjang, tidak ada lagi gol tercipta, PS PPKS Marihat yang dilatih  oleh Morgan Simangunsong ini menang 4 gol tanpa balas atas Persetara AEP Torgamba.

Sabtu (19/3), pukul 16.00 WIB, di tempat yang sama tim tuan rumah PS Pemko Siantar akan bertanding melawan PS Atgama Serdang Bedagai (humaspemko/EM/AT)

Foto : 

Piala yang diperebutkan dalam Union Cup Ke-VIII, diangkat bersama-sama  oleh Danrem 022/PT Kolonel Inf Toto Nurwanto,SIP,M.Si dan Presiden Direktur PT.STTC, Edwin Bingei Purba Siboro, pada acara pembukaan turnamen, Stadion Brigjen (Purn) Mardjan TS Saragih Kompleks Kodim 0207/Simalungun, Jalan Asahan-Siantar, Jumat 18/3/2016 (humaspemko)

  • Bagikan