Pemkab Tobasa Launching Komik Geopark Kaldera Toba di PRSU

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) secara resmi melaunching komik Geopark Kaldera Toba karya Antoni Antra Pardosi di Pagelaran Seni pada pelaksanaan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) tahun 2016 di Tapian Daya Sumatera Utara Jl Gatot Subroto Medan, Minggu (20/3/2016) malam. Komik yang tersedia dalam versi cetak akan didistribusikan ke sekolah-sekolah dan versi e-paper disajikan bekerjasama dengan portal berita online BatakToday.com (https://bataktoday.com/komik-supervolcanotoba).

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tobasa Ultri Sonlahir Simangunsong didampingi Ketua Badan Pengelolaan Kaldera Toba Alimin Ginting dan geolog Gagarin Ginting serta penulis komik Antoni Antra Pardosi, disaksikan Bupati Tobasa Darwin Siagian, Wakil Bupati Hulman Sitorus, unsur FKPD Kabupaten Tobasa dan ribuan warga.

Dijelaskannya, penerbitan komik tentang Geopark Kaldera Toba ini diharapkan menjadi media edukasi kepada masyarakat luas khususnya anak-anak tentang Kaldera Toba.

“Dalam komik ini, diceritakan tentang Geopark Kaldera Toba,” ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya mencoba menyajikan pengetahuan tentang Geopark Kaldera Toba bisa dimengerti dengan mudah oleh masyarakat. Data yang disajikan dalam komik faktual dan disajikan dengan mudah.

“Kini tersedia dalam dua versi, ada cetak dan versi web yang bisa diakses di internet bekerjasama dengan BatakToday.com,” katanya.

Pemkab Tobasa ingin memperkenalkan kepada anak-anak bahwa Danau Toba bukan saja hikayat.

“Kita mencoba yang baru, bukan hanya sejarah tapi bagaimana Danau Toba sekarang dan masa depan,” katanya.

Dan ternyata, lanjutnya, dari sembilan arahan presiden untuk pengembangan kawasan Danau Toba, salah satu diantaranya adalah bagaimana mempromosikan Danau Toba.

Dijelaskannya, komik ini menyajikan secara saintifik apa dan bagaimana proses letusannya. Juga dimuat di dalamnya bagaimana anak-anak bisa memahami tentang kearifan lokal dan memeliharanya.  Dengan demikian anak-anak akan memiliki harapan akan Danau Toba di hari yang akan datang.
(AFR)

Foto: Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tobasa Ultri Sonlihar Simangunsong didampingi Ketua Badan Pengelolaan Kaldera Toba Alimin Ginting, geolog Gagarin Ginting serta penulis komik Antoni Antra Pardosi saat launching Geopark Kaldera Toba di arena PRSU Medan, Mainggu (20/3/206) malam. (bataktoday/afr)

  • Bagikan