Rumah Mantan Sekretaris KPUD Taput Terbakar

  • Bagikan

Tapanuli Utara, BatakToday –

Kebakaran lagi-lagi terjadi di Tapanuli Utara, diduga akibat konsleting listrik. Kali ini, si jago merah melalap satu unit rumah petak, di Hutatoruan IX, Desa Pancuran Kecamatan Tarutung, Minggu (20/3/2016) sekitar pukul  13:30 WIB.

Hulman E. Lumbantobing (68), tetangga korban menuturkan, kebakaran terjadi sangat cepat. Menurutnya, ia bersama tetangga hanya bisa menyiram dengan air seadanya, sebelum pemadam kebakaran tiba.

“Sewaktu api menjulur ke atas, kami langsung mematikan aliran listrik rumah tersebut. Waktu sekringnya kami matikan, api langsung keluar,” ungkapnya.

Mantan Kepala Lingkungan (kepling) setempat ini menambahkan, rumah tersebut milik marga Tobing yang berdomisili di Sibolga. Rumah itu disewakan dan ditempati oleh Nimrah boru Tobing dan Jhon Suhartono Purba yang bekerja sebagai PNS di Taput. Jhon Suhartono Purba sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Utara.

“Istri saya langsung menelpon Pak Jhon Suhartono Purba, karena mereka berada di Hutaraja melihat ibunya, karena ayahnya baru saja meninggal,” terangnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Taput, SDV Sihombing menuturkan, kebakaran terjadi sekitar Pukul 13.30 WIB, adalah rumah tempat tinggal Jhon Suhartono Purba yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil.

Kebakaran pertama kali diketahui oleh tetangga korban, Hulman E Lumbantobing (68) yang melihat ada percikan api dari atas plafon ruang tengah. Tobing pun berteriak minta tolong ke tetangga lainnya. Warga yang mendengar teriakan langsung keluar, dan berupaya memadamkan rumah tersebut secara bersama-sama.

Tidak lama kemudian, 2 unit mobil pemadam kebakaran datang. Tak lama kemudian, si jago merah yang sudah membesar di dalam rumah korban bisa dijinakkan. Sekitar pukul 14.45 WIB, api dapat ditaklukkan oleh dua unit mobil pemadam kebakaran.

“Sampai saat ini kami menduga api berasal dari konsleting arus listrik, dan untuk kerugian belum bisa di taksir,” ujar Sihombing. (TN)

Foto : Warga menyaksikan si jago merah melahap rumah Jhon Suhartono Purba, Minggu (20/3/206). (bataktoday/tn)

  • Bagikan