Walikota Tebing: Wartawan Harus Jujur Terhadap Dirinya Sendiri

  • Bagikan

Tebing Tinggi, BatakToday –

Wartawan memiliki tugas mulia dalam mencari, mengumpulkan serta menulis berita, dan selanjutnya mengirimkan ke redaksi untuk disebarluaskan ke masyakat. Namun wartawan harus memiliki kearifan untuk mempertimbangkan apakah berita yang ditulisnya akan berdampak positif atau negatif bagi masyarakat pembaca.

Hal itu diutarakan Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan dalam paparannya saat menjadi narasumber pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Pelatihan Wartawan Unit Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi di Danau Toba Cottage Parapat, Minggu (20/3/2016).

“Seorang wartawan dalam membuat sebuah berita atau menyebarluaskan pemberitaan harus jujur terhadap dirinya sendiri, layak atau tidaknya berita tersebut untuk konsumsi publik,” ujar Walikota Umar.

Walikota mengingatkan, pembuatan dan penyebarluasan bad news, harus benar dikaji dampaknya, apakah merusak pribadi, suku, agama atau bangsa.

“Semisal berita yang menyatakan Kota Tebing Tinggi tidak aman lagi, dampaknya orang luar akan takut datang ke Tebing Tinggi. Hal semacam ini akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi. Para pedagang di Tebing Tinggi tidak akan laku jualannya, karena tidak ada pembeli,” terang Umar.

Walikota Umar berharap, wartawan yang bertugas di Pemko Tebing Tinggi terus menambah ilmu pengetahuanya tentang profesi kewartawanan, sehingga menjadi wartawan yang professional.

Narasumber lainnya, Ketua PWI Cabang Tebing Tinggi, Azman Mara Sehat Harahap meminta kalangan wartawan untuk mengembangkan jurnalisme positif dalam meliput kegiatan pemerintahan dan pembangunan di Kota Tebing Tinggi.

“Sungguh tidak wajar jika dalam pemberitaan Walikota Tebing Tinggi dihujat dan diberitakan yang sama sekali tidak ada kebenarannya, itu namanya fitnah. Silahkan rekan-rekan menyampaikan kritikan tehadap kinerja Walikota, tetapi harus konstruktif. Jika Walikotanya mau membangun Tebing Tinggi, masakan wartawan Tebing Tinggi tidak mendukung, tu tidak benar,” kata Sehat.

Sehat juga mengapresiasi Walikota Umar Zunaidi Hasibuan yang selalu konsern terhadap korps wartawan tanpa membedakan asal organisasi wartawan.

“Ini merupakan sebuah indikator, Walikota Tebing Tinggi menghargai profesi wartawan tersebut,” ujarnya. (iss)

Foto: Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan saat tampil sebagai narasumber pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Pelatihan Wartawan Unit Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi di Danau Toba Cottage Parapat, Minggu (20/3/2016).

  • Bagikan