Kadishub Siantar: Besok Kita Tertibkan Seluruh Terminal Bayangan

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday –

Untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di pusat kota Pematangsiantar, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) berjanji segera menertibkan seluruh terminal bayangan yang memarkirkan bus secara sembarangan di pusat kota. Komitmen tersebut disepakati dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi 3 DPRD Kota Pematangsiantar dengan Dishubkominfo dan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT), Selasa (22/3/2016) di ruang komisi III DPRD.

RDP diawali dengan membahas keberadaan loket sekaligus terminal Bus Intra dan Paradep Taxi di komplek Siantar Business Center (SBC) yang menggunakan ruas Jalan Sutomo dan Pattimura sebagai lokasi parkir, sehingga memicu kemacetan di pusat kota dan mengganggu aktivitas pemilik bangunan lain di komplek SBC.

Kepala BPPT Esron Sinaga menjelaskan, izin yang diterbitkan BPPT kepada pengusaha Bus Intra di komplek perumahan SBC hanya untuk loket penjualan tiket.

“Untuk Bus Intra, kami dari BPPT mengeluarkan izin sesuai rekomendasi Dishubkominfo hanya untuk penjualan tiket saja di komplek SBC. Jadi kalau selama ini Bus Intra parkir sembarangan di komplek SBC dan juga ruas jalan pusat kota, itu merupakan tugas Dishubkominfo untuk menertibkannya,” terang Esron.

Suasana rapat dengar pendapat (RDP) Komisi 3 DPRD Kota Pematangsiantar dengan Dishubkominfo dan BPPT di ruang rapat Komisi 3, Selasa (22/3/206). (bataktoday/em)
Suasana rapat dengar pendapat (RDP) Komisi III DPRD Kota Pematangsiantar dengan Dishubkominfo dan BPPT di ruang rapat Komisi III, Selasa (22/3/206). (bataktoday/em)

Sementara itu, anggota Komisi III DPRD, Kiswandi mengingatkan, penertiban terminal bayangan di dalam kota dilakukan secara menyeluruh, bukan hanya untuk Bus Intra dan Paradep Taxi.

“Jangan hanya Bus Intra dan Paradep saja yang ditertibkan, tapi semua terminal bayangan, karena sudah jelas kita lihat keberadaan terminal bayangan di pusat kota ini selama bertahun-tahun  menyebabkan pusat kota Siantar selalu macet,” tukas Kiswandi.

Menanggapi pernyataan Kiswandi, Kepala Dishubkominfo Posma Sitorus berjanji akan segera melakukan penertiban atas seluruh terminal bayangan di pusat kota Pematangsiantar.

“Karena ini merupakan kepentingan umum, besok juga kita dari Dishubkominfo akan mulai melakukan penertiban semua terminal bayangan ini, dengan menyurati langsung para pengusaha, dan mengirmkan surat tembusan ke Komisi III,” ujar Posma berjanji.

Pada akhir rapat, Ketua Komisi III Hendra Pardede mengingatkan Kepala Dishubkominfo untuk segera melaksanakan janjinya.

”Karena  kami DPRD Siantar selalu mendapat tekanan dari masyarakat mengenai kemacetan di pusat kota, kami akan melakukan pengawasn terhadap janji Dishubkominfo,” tegas Hendra.

Hadir dalam RDP, Wakil Ketua DPRD Mangatas Silalahi, anggota Komisi III Frans Bungaran Sitanggang, Frengky Boy Saragih, Oberlin Malau, Manangkas Silalahi, dan Kiswandi. (EM)

Foto: Bus Intra diparkir di dalam komplek Siantar Business Center dan mengganggu aktivitas dan kenyamanan warga pemilik gedung lainnya, dan ketika keluar ke jalan menimbulkan kemacetan di pusat Kota Pematangsiantar. Foto diambil Rabu (23/3/2016). (bataktoday/em)

  • Bagikan