Polres Taput Serahkan Berkas Kasus Korupsi PDAM ke Kejari Tarutung

  • Bagikan

Tapanuli Utara, BatakToday –

Kepolisian Polres Tapanuli Utara (Taput) serahkan berkas dan tiga tersangka dugaan kasus korupsi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Mual Natio ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Tarutung, Rabu (23/3/2016).

Kasubbag Humas Polres Taput, Walpon Baringbing mengatakan, berkas penyidikan telah dinyatakan P21 oleh pihak Kejari Tarutung, dan ketiga tersangka beserta barang bukti telah diserahkan ke JPU yang selanjutnya  akan menyiapkan berkas dakwaan untuk disidangkan di Pengadilan Tipikor Medan.

“Bukti penyerahan tersangka dan barang bukti yakni surat Nomor k/166/III/2016/Reskrim tanggal 22 Maret 2016 atas nama Mangindar Simanjuntak, Nomor K/167/III/2016/Reskrim atas nama Mora Tonggor Hutagalung, dan Nomor K/168/III/2016/Reskrim atas nama tersangka MLT. Mereka menjadi wewenang Kejaksaan Negeri Tarutung, Kabupaten Taput,” ujar Baringbing kepada sejumlah wartawan, Rabu (23/3) di ruangannya.

Terpisah, Kasi Intel Kejari Tarutung, Simon, membenarkan pihaknya sudah menerima berkas kasus dugaan korupsi PDAM Mual Natio dari Polres Taput, yakni atas nama Direktur PDAM Mual Natio, Namora Tonggor Hutagalung, selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Mangandar Simanjuntak selaku Pejabat PembuatKomitmen (PPK), dan MLT (rekanan), dan akan disidangkan  dalam dua puluh hari ke depan.

“Benar, sidang dalam waktu dekat bagi ketiga tersangka yang merugikan negara Rp 490.000.000. Tersangka kini sudah kita tahan,” jelasnya. (TN)

  • Bagikan