Festival Cheng Beng Medan Berlangsung Meriah

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Walikota  Medan Dzulmi Eldin bersama Wakil Walikota Akhyar Nasution tinjau Festival Cheng Beng 2016 yang di gelar di galeri yang juga lokasi pemakaman Chong Yong Hian, Minggu (27/3/2016). Pada festival yang ramai dukunjungi terutama oleh masyarakat etnis Tionghoa ini, digelar 12 gerai kuliner yang menyajikan berbagai ragam makanan dan minuman, menjadi daya tarik tersendiri pada kegiatan yang berlangsung dua hari (26-27 Maret 2016) ini.

Cheng Beng merupakan tradisi leluhur masyarakat etnis Tionghoa untuk menghormati orangtua atau leluhur, tidak saja semasa hidup, tetapi juga setelah meninggal dengan mendatangi pemakamannya. Tradisi Cheng Beng ini mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dengan menjadikan sebagai  agenda tahunan, pasalnya kegiatan ini berdampak pada peningkatan kunjungan wisata.

Tampak hadir dalam acara Cheng beng tersebut, rombongan perwakilan Konjen RRT diantaranya Mr Chong Hong, utusan Kementerian Pariwisata RI Gayatri, turunan ke-4 Chong Yong Hian, Budi Hardjo Chandra, anggota DPR RI Sofyan Tan, Ketua PSMTI Sumut Tonga Riajo Angkasa, serta sejumlah tokoh masyarakat etnis Tiong Hoa Kota Medan.

Chong Yong Hian, tokoh etnis Tionghoa yang kedermawanannya melegenda ini, lahir pada 1850 di kota Songkou Meixian Provinsi Guangdong, Cina Selatan. Awalnya merantau ke Batavia dan bekerja pada seorang pengusaha asal Guangdong.

Selang beberapa tahun bekerja, Chong Yong Hian memiliki cukup modal, dan merantau ke Sumatera Utara, membuka usaha perdagangan, perkebunan dan properti. Usahanya makin berkembang, lalu Chong membawa adiknya yang ke-4 yakni Chong A Fie untuk membantunya. Chong Yiong Hian meninggal pada usia 61 tahun, tepatnya tahun 1911.

Menurut Eldin, pemerintah kota akan melestarikan budaya yang ada di Kota Medan, salah satunya lokasi pemakaman Chong Yong Hian, agar dapat dikenang dan dilihat oleh anak cucunya, dimana nenek moyangnya dulu berbaur bersama membangun kota ini. Eldin berharap, upaya tersebut dapat memotivasi generasi berikutnya untuk merajut kebersamaan yang lebih erat dalam membangun Kota Medan. (AFR)

Foto: Walikota Medan Dzulmi Eldin bersalaman dan bercengkerama dengan Budi Hardjo Chandra, turunan ke-4 Chong Yong Hian, tokoh legendaris Tionghoa di Medan, pada Festival Cheng Beng yang di gelar di galeri Chong Yong Hian, Minggu (27/3/2016). (bataktoday/afr)

  • Bagikan