Tengku Erry: Peningkatan Infrastruktur Seiring dengan Peningkatan Penerimaan Pajak

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengatakan, pembangunan infrastruktur di Sumut akan membaik seiring dengan meningkatnya kemauan warganya untuk membayar pajak. Saat ini, dari 1,5 juta warga Sumut, masih 150 ribu yang memiliki NPWP.

Hal itu dikatakannya saat menyampaikan SPT Tahunan di Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) KPP Pratama Medan Kota Jl Sukamulia, Senin (28/3/2016).

“Pemerintah membutuhkan dukungan dari seluruh masyarakatnya. Jika 40 tahun lalu negara ini masih bergantung kepada sektor migas, namun saat ini sangat tergantung kepada penerimaan pajak,” ujarnya didampingi Kabag Umum Kanwil DJP Sumut I Vivi Rosvika, dan Kepala KPP Pratama Medan Kota, Yan Santoso Purba.

Menurutnya, penetapan besaran tarif pajak di Indonesia masih lumayan rendah dibanding negara maju yang menetapkan hampir 45 persen dari penghasilan warganya.

“Saya juga berterimakasih kepada warga yang hadir saat ini menyampaikan SPT nya,” kata Erry.

Ia mengharapkan jumlah wajib pajak di Sumatera Utara ke depan dapat meningkat menjadi 5% dari jumlah penduduk.

Erry mengungkapkan, secara nasional pemerintah menargetkan penerimaan negara Rp 1.360 triliun, dan sekitar 80 persen dari pajak. Untuk itulah, ia mengimbau kembali agar warga menyetorkan pajak dengan kesadaran akan manfaatnya.

“Kalau bukan kita, siapa lagi yang bisa membantu negara kita ini,” katanya.

Untuk itu, Plt Gubernur berharap semua wajib pajak dapat memenuhi penyampaian SPT sampai 31 Maret.

Kedepan, NPWP menjadi salah satu persyaratan untuk berbagai hal, seperti pengurusan paspor, penerbitan buku rekening di bank, dan banyak hal lagi.

“Mohon yang berpendapatan layak dipajak, agar menyetorkannya,” kata. Erry.

Tengku Erry mengapresiasi pembangunan infrastruktur yang semakin membaik.  Khususnya pada tahun 2017, di Sumut akan terbangun sejumlah jalan tol sepanjang 120 km.

“Bayar pajak bukan saja kewajiban, tapi juga akan ada hak melekat mendapatkan pelayanan,” katanya.

Sementara Kabag Umum Kanwil DJP Sumut I, Vivi Rosvika mengatakan,  pihaknya terus mengupayakan sosialisasi, khususnya menjangkau wajib pajak yang belum memiliki NPWP.

“Kita sudah koordinasi dengan KPP masing-masing. Dilakukan juga penyisiran, ekstensifikasi, mencari wajib pajak baru, serta himbauan melaporakn SPT dengan jelas dan tepat,” katanya.

Vivi mengungkapkan, DJP Sumut Wilayah I menargetkan penerimaan pajak sebesar Rp 19,9 triliun pada tahun 2016.

“Tahun ini diprogramkan tahun penegakan hukum, akan dilakukan pemeriksaan dan penagihan terhadap wajib pajak,” terang Vivi. (AFR)

Foto: Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi saat menyerahkan SPT Tahun 2015 di Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) KPP Pratama Medan Kota Jl Sukamulia, Senin (28/3/2016). (bataktoday/afr)

  • Bagikan