Massa Segel Kok Tong Cipto Siantar

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday

Massa Komid Tipikor lakukan aksi penyegelan Kedai Kopi Kok Tong Jalan Cipto Pematangsiantar, Senin (28/3/2016). Aksi tersebut dipicu sikap Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar yang tidak tegas dalam penegakan peraturan daerah.

Sebelumnya Pemko Siantar telah melayangkan surat teguran sebanyak 3 kali kepada pemilik Kedai Kopi Kok Tong untuk membongkar bagian bangunannya yang menggunakan trotoar Jalan Cipto dan Jalan Wahidin. Namun surat teguran tersebut tidak digubris pemilik Kok Tong, dan Pemko Siantar tidak melakukan tindakan penertiban lanjutan.

“Trotoar sebagai hak pejalan kaki dirampas oleh pengusaha Kok Tong sudah puluhan tahun. Kita sudah memberikan surat ke Pemko, dan Pemko sudah memberikan surat teguran sampai tiga kali ke pengusaha kopi Kok Tong untuk membongkar sendiri, tetapi sampai surat teguran itu selesai, bangunan ini tidak juga dibongkar,” terang Ketua Komid Tipikor, Rendy Tampubolon kepada wartawan.

Menurut Rendy, Pemko Siantar telah mempermalukan diri sendiri dengan tidak melakukan tindakan apapun setelah 3 kali surat tegurannya tidak digubris pengusaha Kedai Kopi Kok Tong. Ia menduga, surat teguran itu justru dimanfaatkan oleh Kepala Satpol PP untuk mendapat keuntungan pribadi dari pengusaha Kok Tong.

“Pihak Satpol PP dalam hal ini Julham Situmorang, kita menduga kuat menerima upeti dari Kok Tong, sehingga mereka tidak berani berbuat sebagai penegak perda,” pungkas Randy sembari meninggalkan lokasi. (AT)

Foto: Kedai Kopi Kok Tong Jalan Cipto Pematangsianta disegel dengan tali oleh massa Komid Tipikor, Senin (28/3/2016). (bataktoday/at)[youtube width=”100%” height=”300″ src=”6cnojodg7sU”][/youtube]

  • Bagikan