Komisi I DPRD Siantar “Belajar” Hak Dewan Sampai ke Cimahi

  • Bagikan
?????????????

Pematang Siantar, BatakToday

Komisi I dan Komisi II DPRD Kota Pematang Siantar melakukan kunjungan kerja pertamanya untuk tahun 2016 ini. Hal ini disampaikan Sekretaris DPRD Siantar, Mahadin Sitanggang,  kepada BatakToday terkait  ketidakhadiran anggota kedua komisi tersebut di lingkungan Kantor DPRD, Selasa (29/3).

Mahadin mengatakan Komisi I dan II sedang melakukan kunjungan kerja ke Cimahi dan Malang.

“Komisi I dan II melakukan kunjungan kerja selama tiga hari. Komisi I kunjungan kerja ke Cimahi dengan agenda mengenai hak-hak DPRD dan Komisi II kunker ke Kota Malang, agendanya mengenai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM),” kata Sekretaris Dewan ini.

Ditanya tentang anggaran yang digunakan dalam melakukan kunjungan kerja tersebut, Mahadin mengatakan sesuai dengan yang tertuang dalam APBD.

“Anggaran yang digunakan dalam kunjungan kerja ini, seperti tertuang dalam APBD 2016, sekitar Rp 7 juta lebih per anggota dewan. Untuk rincian anggaran yang digunakan secara keseluruhan, tergantung laporan setelah melakukan kunjungan kerja. Akan ada laporan pertanggungjawabannya ke bagian keuangan,” terangnya.

Mahadin menambahkan, ini merupakan kunjungan kerja yang pertama komisi I dan II DPRD Siantar tahun 2016.

”Sesuai agenda kunker DPRD, ada tiga kali dalam setahun, satu kali untuk setiap masa persidangan. Ini merupakan masa persidangan yang pertama, Januari-April, kemudian masa sidang kedua Mei-September dan ketiga pada Oktober-Desember,” ujarnya.

Terpisah, Nasution pedagang makanan warga Jalan Sriwijaya, ketika diberitahu  tentang keberangkatan Komisi I DPRD ke Cimahi dengan agenda mengenai hak-hak DPRD, berpandangan bahwa itu agenda yang mengada-ada.

“Sekarang ini, kalau untuk hal seperti itu tak perlu pigi jauh-jauh lah. Masak mengenai haknya saja sampai menghabis-habiskan anggaran, jauh kali sampai ke Cimahi. Di sini saja baca segala jenis Undang-Undang, baca peraturan itu, internet ada, gampang kali nya itu. Bagaimana lagi nanti mengenai kewajibannya, kemana lagi mereka melakukan kunjungan kerja. Macam ceramah tu bilang pula lah nanti, pergi ke negeri China sana. Iya kan, tuntutlah ilmu sampai ke negeri China. Ada-ada saja pun,” rutuk Nasution. (EM/ajvg)

Foto:

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pematang Siantar, Jalan Adam Malik No 2, Pematang Siantar (em/bataktoday)

  • Bagikan