Kadisdik Humbahas: Junjung Tinggi Integritas Pelaksanaan UN

  • Bagikan

Doloksanggul, BatakToday –

Lima hari jelang pelaksanaan ujian nasional (UN) serentak untuk SMA/MA/SMK, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) terima ratusan kardus berisi ribuan naskah UN di kantor Disdik Humbahas, Komplek Tano Tubu, Dolok Sanggul, Rabu (30/3/2016). Naskah UN yang didistribusikan melalui PT Pos Indonesia terlihat masih tersegel dengan baik.

Kepala Disdik Humbahas, Wisler Sianturi kepada BatakToday di ruang kerjanya mengatakan, sebelum pendistribusian ke masing-masing sekolah, naskah UN disimpan di Kantor Pos terdekat dengan pengawalan petugas kepolisian.

“Kita sudah menerima naskah UN sekolah menengah atas dan kejuruan. Naskah UN itu sudah kita pilah sesuai jumlah siswa peserta UN di masing-masing sekolah. Jumlah naskah UN itu 3.660 lembar yang disesuaikan dengan jumlah peserta ujian,” terang Wisler.

Dia menjelaskan, UN untuk SMA/MA dilaksanakan tiga hari, sedang untuk SMK dilaksanakan empat hari. Ujian tersebut dilaksanakan dengan sistem Paper Basic Test (PBT), dengan motto pelaksaan UN, ‘prestasi yes, jujur harus’.

Untuk membuktikan hal tersebut dan demi kenyamanan bersama, kata Wisler, pada hari H pelaksanaan UN, naskah tersebut akan dijemput masing-masing sekolah dari kantor pos terdekat, dikawal tim pengawas dan petugas kepolisian. Kemudian pengawasan pelaksanaan UN juga menggunakan sistem silang antar  sekolah dan dipantau oleh perguruan tinggi yang ditunjuk pemerintah.

Lebih lanjut, mantan guru itu mengatakan, kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditetapkan oleh satuan pendidikan melalui rapat dewan guru.

“UN tidak perlu lagi menjadi momok yang menakutkan, karena UN tidak mutlak penentu kelulusan, namun sebagai alat pemetaan dalam memperbaiki kelemahan-kelemahan di semua lini untuk peningkatan mutu pendidikan,” pungkasnya.

Menyambut pelaksanaan UN yang digelar pada 4 sampai 7 April 2016, terang Wisler, pihaknya telah mendorong pihak sekolah melakukan persiapan sedini mungkin melalui tambahan les sore, try out dan pembelajaran lainnya.

“Dengan motto diatas, seluruh kepala sekolah serta pengawas diminta menjunjung tinggi integritas. Jika siswa memperoleh nilai kategori kurang, siswa diberi kesempatan untuk mengikuti UN perbaikan yang dijadwalkan Oktober 2016,” tandasnya. (FT)

Foto: salah seorang panitia UN tengah menghitung Naskah UN yang baru saja tiba disaksikan Kasat Intel Polres Humbahas, AKP Sofyan di salah satu ruangan di Kantor Disdik Humbahas. (bataktoday/ft)

  • Bagikan