Tes Urine Dadakan akan Digelar Terhadap ASN Pemko Siantar

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday –

Untuk memastikan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Pematangsiantar bersih dari konsumsi narkoba, Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kota Pematangsiantar berencana melakukan tes urine secara mendadak dalam waktu dekat ini. Untuk tahap pertama, tes urine akan dilakukan terhadap 200-an ASN eselon dua dan tiga.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Badan Kesbangpolinmas Rospina Sari Siregar kepada BatakToday di kantornya, Rabu (30/3/2016).

“Memang benar, dalam waktu dekat ini kita akan melakukan tes urine terhadap ASN Kota Siantar. Untuk tahap pertama, kita akan melakuka tes urine kepada sekitar 200-an ASN eselon 2 dan eselon 3. Tes urine ini bertujuan untuk memastikan ASN kita apakah menggunakan narkoba atau tidak,” katanya.

Menurut Rospina, tes urine ini merupakan program Badan Kesbangpolinmas tahun 2016, sebagai respon atas keputusan pemerintah pusat yang menetapkan Indonesia darurat narkoba pada tahun 2015 lalu.

“Jadi sebenarnya tes urine ini dilaksanakan Januari tahun 2016,  tapi anggarannya baru keluar, sehingga untuk menjadwalkannya butuh waktu menjalin kerjasama dengan BNN dan tim medis,” ujarnya.

Rospina menegaskan, sesuai kode etik, hasil tes urine ASN ini tidak akan dipublikasikan, cukup ditindaklanjuti dengan melakukan upaya pemulihan terhadap ASN yang terbukti sebagai pemakai narkoba.

“Sesuai dengan kode etik, nantinya hasil tes urine ASN  ini tidak akan dipublikasikan. Tapi bagi ASN yang positif menggunakan narkoba akan dilakukan pemulihan oleh BNN, contohnya rehabilitasi,” terangnya. (EM)

Foto: Badan Kesbangpolinmas Rospina Sari Siregar. (bataktoday/em)

  • Bagikan