Mendagri: Presiden Segera Lantik Erry Sebagai Gubernur Sumut

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo menegaskan, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi segera dilantik menjadi gubernur definitive menggantikan Gubernur Sumut non aktif Gatot Pujo Nugroho. Mendagri menyampaikan itu dalam pidatonya pada pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Sumut Tahun  2017 di Grand Angkasa Hotel, Medan, Jumat (1/4/2016).

“Saya sebut Pak Erry Gubernur, karena sudah ada kepastian akan dilantik sebagai gubernur definitif di Istana Negara oleh Presiden,” ujar Tjahyo dalam awal sambutannya.

Usai pembukaan musrenbang, Mendagri kembali mengulang pernyataannya.

“Ya, Pak Erry akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo bersama dengan Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.” Ujarnya kepada wartawan.

Wakil Gubernur Tengku Erry Nuradi resmi menjabat sebagai Plt Gubernur Sumut pada 11 Agustus 2015 lalu, pasca penahanan Gatot Pujo Nuhroho  oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menteri Tjahyo menegaskan, nomor surat keputusannya sudah keluar dari MA,  dan sekarang sudah masuk ke istana. Selain  Erry, Kemendagri juga sudah siap merilis surat pelantikan Bupati Simalungun terpilih JR Saragih. Namun, pelantikan JR Saragih tersebut tanpa wakilnya Amran Sinaga.

“Soal kapan dilantik Bupati Simalungun itu, akan  diserahkan ke H T  Erry Nuradi,” katanya.

Menurut Mendagri, dengan dilantiknya  menjadi gubernur, Erry dinilai akan lebih leluasa melakukan uji kompetensi dan lelang jabatan untuk mengganti pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Menanggapi itu, Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengatakan kesiapannya untuk dilantik dan mengemban tanggungjawab sebagai Gubernur Sumut.

Perihal penetapan wakil gubernur, katanya,  diserahkan kepada regulasi yang berlaku. Mengenai hasil uji kompetensi lelang jabatan pimpinan SKPD, ujar Erry, sudah diajukan ke Mendagri. (AFR)

Foto: Gatot Pujo Nugroho dan Tengku Erry Nuradi saat dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut periode 2013-2018 oleh Menteri Dalam Negeri saat itu, Gamawan Fauzi, di Gedung DPRD Sumut pada 17 Juni 2013 lalu. (ist)

  • Bagikan