Sion “Idola Batak” Sagala Juara! Mauliate Ma Inang…

  • Bagikan

Medan, BatakToday

Berkat dukungan dan doa dari masyarakat Sumatera Utara (Sumut), akhirnya Sion Philip Sagala mampu mendulang prestasi yang gemilang di kompetisi Idola Cilik 5.

Sion mampu duduk di peringkat pertama kompetisi Idola Cilik 5 yang disiarkan langsung RCTI, Sabtu (2/4).

Anak pasangan Ir Tumpal Sagala dan Veramon Silalahi ini memperoleh suara 58,23 persen dibanding rivalnya Fikih. Aksi duel Sion mampu menghipnotis penonton baik secara langsung dan dibelakang layar kaca televisi dalam memberikan dukungannya.

Sion berduet dengan Fikih, saingannya dalam Final Idola Cilik 5, Studio 4 RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta 2/4/2016 (tumpal's)
Sion berduet dengan Fikih, saingannya dalam Final Idola Cilik 5, Studio 4 RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta 2/4/2016 (tumpal’s)

Sion beraksi dengan membawakan lagu berjudul ‘Walau Habis Terang’ milik Noah dan lagu ‘Santai’ dari Rhoma Irama. Sion sukses menyanyikan kedua lagu ini. Ia mendapatkan dukungan dari dua Juri yakni Tarra Budiman dan Winda Viska. Bagi Winda, Sion telah mencuri hatinya.

“Semuanya keren, tapi yang telah mencuri hati Aunty Winda, ya kamu Sion. Kamu bagus sekali,” ucap Winda.

Sion kembali menyanyikan lagu ‘Kemenangan’ untuk saling adu vokal dengan Fikih, pesaingnya asal Jakarta. Lagu ini menutup panggung Grand Final Idola Cilik 5 dan Sion keluar menjadi juara I.

Sion pun berhak mendapatkan uang senilai Rp 60 juta dan juga kontrak dari Studio Musik Hits Record dan memberikan sebuah lagu baru. Sedangkan, Fikih mendapatkan juara keduanya yang berhak mendapatkan uang senilai Rp 45 juta.

“Terimakasih kepada masyarakat Sumut yang telah setia mendoakan dan memberikan dukungan SMS, sehingga Sion dapat masuk ke grand final,” kata Sion yang dihubungi awak media usai menjuarai Idola Cilik 5.

Hal senada juga dikatakan orang Tua Sion Ir Tumpal. Ia juga tak henti – hentinya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Sumut yang telah mengirimkan SMS kepada putranya dalam kompetisi Idola Cilik 5.

Bagi Sion dan Fikih, persaingan bukan menjadi penghalang untuk melakukan kerjasama (Tumpal's)
Bagi Sion dan Fikih, persaingan bukan menjadi penghalang untuk melakukan kerjasama (Tumpal’s)

‪‪”Terimakasih kepada warga Sumut yang telah memberikan doa dan dukungan kepada anak saya hingga menjadi juara di ICIL 5 ini. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada rekan – rekan media baik cetak, televisi maupun media online yang telah membantu dalam pemberitaan dukungan anak saya,” ungkapnya.

Dirinya berharap, dengan kemenangan ini, Sion dapat lebih berkarir dalam bermusik.

“Ini memang cita-cita Sion agar dapat berkarir di dunia tarik suara,” katanya.

Semangat Komunitas dan Kolektivitas Sosial

Dari pengamatan BatakToday melalui media sosial sejak awal Februari 2016, terlihat dukungan dari masyarakat Sumatera Utara khususnya Medan, komunitas Batak dari berbagai daerah dan tidak ketinggalan dari Perawang-Riau dimana keluarga Sion pernah berdomisili, mengalir setiap kali Sion tampil pada setiap babak Idola Cilik 5.

Menjadi catatan tersendiri bagi BatakToday bagaimana semangat komunitas dan kolektivitas sosial menjadi kunci sukses untuk menggalang dukungan untuk Sion dalam perjuangannya meraih Juara I dalam Idola Cilik 5 kali ini.

Semangat dan kolektivitas tersebut tentunya tidak dibangun dalam satu hari. Semua itu dilatarbelakangi eksistensi keluarga Sion di lingkungan tempat tinggalnya selama ini, juga lingkungan dimana keluarga ini berinteraksi.

Orangtua kedua finalis Idola Cilik 5 mendampingi anak-anaknya menunggu pemenang diumumkan (Tumpal's)
Orangtua kedua finalis Idola Cilik 5 mendampingi anak-anaknya menunggu penentuan pemenang (Tumpal’s)

Perjalanan Sion dalam kontes Idola Cilik 2016 menjadi sebuah pesan bahwa semangat komunitas dan kolektivitas sosial menjadi faktor yang sangat penting untuk pencapaian sesuatu yang diinginkan bersama dalam masyarakat.

Dalam kesempatan ini BatakToday mengutip pernyataan Tumpal Sagala, orangtua Sion, sebagai pesan untuk seluruh pendukung Sion atas pencapaiannya kali ini.

“Kemenangan Sion adalah kemenangan kita semua,” demikian Tumpal membalas ucapan selamat atas kemenangan Sion.

Lebih dari itu, dukungan keluarga terutama kedua orangtua Sion, Tumpal Sagala dan Veramon Silalahi, menjadi contoh totalitas orangtua untuk cita-cita si anak.

Untuk itu, jika saat menghadapi babak 9 Besar pada Februari lalu redaksi BatakToday menggarisbawahi frasa “Haholongi Au”, maka bersama ucapan selamat, disampaikan pesan kemenangan untuk Sion Philip Sagala, seperti terdapat dalam syair lagu  Burju Ni Dainang.

“Mauliate ma Inang…!” (Terimakasih untuk Ibu…!)

(AFR/ajvg)

Foto:

Sion Philip Sagala Juara 1 Idola Cilik 2016, diapit kedua orangtuanya Tumpal Sagala dan Veramon Silalahi, saat menerima piala dan hadiah, Jakarta 2/4/2016 (sumber: twimg.com)

  • Bagikan