Sofyan Tan Kunjungi Darma Agung Medan

  • Bagikan

Medan,BatakToday

Anggota DPR RI Dapil Sumut Sofyan Tan mengunjungi Universitas Darma Agung dalam kunjungan kerjanya, Senin (4/4). Peran dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi dalam mendorong pertumbuhan pembangunan di Sumut sangat strategis. Sekaitan dengan program pembangunan dunia pariwisata di Sumut, khususnya kawasan Danau Toba yang direncanakan dibangun menjadi ikon pariwisata Indonesia dengan skala internasional.

Sofyan Tan mengatakan bahwa Universitas Darma Agung adalah bagian dari kunjungnnya, dan akan mengadakan seminar empat pilar kebangsaan di kampus yang didirikan Almarhum DR TD Pardede tersebut. Ia menjelaskan, berbagai bidang yang ditanganinya di Parlemen.

Selain membidangi pendidikan, dia juga membidangi ristek, pariwisata, kegiatan pemuda dan olah raga.

Menurut Sofyan Tan, saat ini perguruan tinggi negeri maupun swasta membutuhkan 40 ribu tenaga dosen dengan jenjang pendidikan strata dua (S2) dan Strata Tiga (S3).

“Sebagai informasi, pemerintah saat ini terus mendorong pemenuhan kebutuhan tersebut. Disediakan lima ribu paket beasiswa untuk jenjang S2 dan S3,” katanya.

Ia juga menyinggung tentang dunia pariwisata. Anggota DPR-RI Komisi X  ini mengatakan, proyek infrastruktur yang telah diprogramkan pemerintah di Sumut akan terus didorong oleh pihaknya. Seperti jalan tol dari Medan hingga ke Danau Toba harus selesai pada 2019.

“Harapan kita, dengan adanya akses tol nantinya akan mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan lokal maupun manca negara,” katanya.

Komisi X DPR RI, lanjutnya, akan menggandeng Universitas Darma Agung yang memiliki Fakultas Pariwisata dan Perhotelan dan juga memiliki fasilitas hotel di Parapat untuk pengembangan dunia pariwisata di kawasan Danau Toba. Adanya sejumlah fasilitas tersebut membuat Darma Agung lebih memahami kultur  pariwisata di Danau Toba.

Kedatangan Politikus PDI Perjuangan ini didampingi Sekretaris PDI-P Sumatera Utara Drs Soetarto M.Si, diterima langsung Ketua Umum Yayasan Perguruan Darma Agung/ISTP Ny Sariaty PR. Siregar Br. Pardede di damping Rektor UDA, Dr Jaminuddin Marbun SH, M. Hum, WR I, Mhd. Anshori Lubis, SH, M. Hum, WR II, Drs. Jonner Lumban Gaol, M.Si, WR III, Drs. Parlindungan Marpaung, M.Si.

Sofyan juga mengatakan bahwa untuk tahun 2019 Sumatera Utara menargetkan 1 juta wisatawan datang ke Sumut. Target utama adalah wisatawan dari Tiongkok yang akan berkunjung ke Danau Toba karena Kuliner Tiongkok punya kesamaan dengan kuliner masyarakat Batak (Ondo).

Diharapkan kedepannya masyarakat akan dilibatkan untuk memajukan pariwisata mereka tidak boleh menjadi penonton tetapi harus menjadi pelaku agar keributan tidak terjadi. Kita harus sama-sama bergandengan tangan untuk mewujudkan danau Toba sebagai Monaco of Asia ungkap Tan di Akhir acara.

Sementara itu, menanggapi kedatangan Sofyan Tan, Ketua Umum Yayasan Perguruan Darma Agung/ISTP Ny Sariaty PR. Siregar Br. Pardede sangat menyambut baik program-program yang dipaparkan tersebut. “Universitas Darma Agung akan selalu siap dan bersedia bergandengan tangan dengan pemerintah untuk melaksanakan program – progam yang akan dilaksanakan pemerintah di daerah yang berpihak kepada masyarakat,” katanya.

Juga diharapkan, sebagai salah satu perwakilan masyarakat Sumut di Senayan, kiranya Sofyan Tan terus memperjuangkan kepentingan masyarakat Sumut khususnya di bidang pendidikan.

“Mengingat saudara Sofyan Tan adalah salah satu tokoh pendidikan di Sumut. Kami yakin, perhatian dan perjuangan untuk dunia pendidikan di Sumut tidak akan surut,” ungkapnya. (AFR)

Foto:

Anggota DPR RI Dapil Sumut I, Sofyan Tan, disambut Ketua Umum Yayasan Perguruan Darma Agung/ISTP Ny Sariaty PR. Siregar Br. Pardede, Universitas Darma Agung, Medan, Senin 4/4/2016 (afr/bataktoday)

  • Bagikan