Pasca Penertiban, Pemko Medan Kebut Pembenahan Kawasan Sutomo

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution tinjau langsung  pemulihan kawasan Jalan Sutomo dan sekitarnya yang dilakukan SKPD terkait, Kamis (7/4/2016) subuh. Akhyar ingin pemulihan dilakukan secepatnya, sehingga kawasan yang sudah puluhan tahun dijadikan lokasi transaksi jual-beli sayuran dan buah oleh pedagang kaki lima ini, benar-benar menjadi kawasan pertokoan yang tertata rapi, bersih, aman dan nyaman.

Meski kawasan tersebut rentan aksi pelemparan sebagai bentuk penolakan atas penertiban yang dilakukan, namun Akhyar tak gentar.  Dengan berjalan kaki, mantan anggota DPRD Kota Medan itu memantau pengorekan parit dan drainase hingga seputaran bekas Kantor RRI Jalan Martunis Lubis.

Kehadiran rombongan disambut Kasatpol PP, M Sofyan, yang tengah menjaga sejumlah alat berat Dinas Bina Marga yang tengah melakukan pengorekan drainase yang tersumbat dipenuhi sampah. Selain petugas Satpol PP, proses pengorekan drainase juga mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian.

Sementara itu para pedagang  tak satu pun yang melakukan aktivitas jual beli. Mereka hanya duduk berkumpul di pinggiran jalan menyaksikan proses pengorekan. Sementara itu para preman yang selama ini mendukung pedagang melawan tim gabungan saat dilakukannya penertiban, tak terlihat seorang pun.

Akhyar yang adalah insinyiur sipil itu terlihat langsung memberikan arahan kepada operator alat berat, sehingga pengorekan lebih maksimal dan efektif. Satu jam kemudian Kadis Bina Marga, Khairul Syahnan muncul di lapangan, dan terlihat kikuk menyaksikan orang nomor dua Kota Medan itu sedang sibuk mengarahkan dan mengawasi operator dan petugas lapangan.

Menurut Akhyar, kehadirannya untuk meninjau kinerja beberapa SKPD yang sesuai tugas dan fungsinya melaksanakan pembenahan kawasan Jalan Sutomo dan sekitarnya, menyusul penertiban yang digelar tim gabungan dipimpin Kasatpol PP Kota Medan, M Sofyan.

“Apa yang dilakukan pagi ini untuk memulihkan kawasan Jalan Sutomo menjadi kawasan pertokoan yang rapi, aman dan nyaman. Untuk itu kita harapkan SKPD yang terkait dengan pemulihan kawasan ini benar-benar melaksanakan tugasnya masing-masing dengan penuh tanggung jawab,” kata Akhyar.

Akhyar juga kembali mengimbau seluruh pedagang agar tidak berjualan kembali di Jalan Sutomo dan sekitarnya,  sebab  sampai kapan pun Pemko Medan akan melakukan penertiban jika para pedagang tetap ngotot  berjualan.

“Apapun ceritanya, Jalan Sutomo dan sekitarnya harus bersih dari pedagang kaki lima,”  tegasnya. (AFR)

Foto: Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution dan rombongan saat melakukan peninjauan pembenahan Jalan Sutomo dan sekitarnya pasca penertiban pedagang oleh tim gabungan, Kamis (7/4/2016) pagi. (bataktoday/afr)

  • Bagikan