Pemko Siantar Gelar Tes Urine, 28 Pejabat Absen

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday –

Para pejabat struktural di Pemerintah Kota Pematangsiantar tidak boleh ada yang terlibat penyalahgunaan narkoba, karena hal ini sangat berpengaruh terhadap produktivitas kinerja instansinya. Karena itu, pemko melalui Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan tes urine kepada seluruh pejabat struktural.

Hal itu diungkapkan Penjabat Walikota Pematangsiantar, Jumsadi Damanik, kepada wartawan usai mengikuti test urine, Jumat (8/4/2016) pagi di Lapangan Rindam I/BB Pematangsiantar.

“Untuk tahap pertama, tes urine dilaksanakan untuk pejabat Eselon II dan III, sedangkan selebihnya, termasuk yang tak bisa ikut pada tahap pertama ini akan digelar pada tahap kedua,” ujar Jumsadi.

Menjawab pertanyaan jika berdasarkan tes urine terdapat pejabat yang terindikasi pengguna narkoba, Pj Walikota menegaskan akan memberikan sanksi sesuai tingkat keterlibatannya.

“Kita lihat sejauh mana keterlibatannya sehingga kita tidak salah menerapkan sanksi ataupun tindakan lain, termasuk rehabilitasi jika diperlukan. Kita juga prihatin karena darurat narkoba saat ini sangat mengancam kelangsungan negara,” katanya.

Turut melakukan tes urine, Komandan Korem 022/PT Kolonel Toto Nurwanto, Danrindam I/BB Kolonel Gabriel Lema, Kapolres Pematangsiantar AKBP Dodi Darjanto, Kajari M Masril, Sekda Donver Panggabean, Kepala BNN Pematangsiantar A Yani Damanik, serta jajaran perwira Korem dan Rindam.

28 Pejabat Tidak Hadir

Sementara itu, Plt Kepala Badan Kesbangpolinmas Ruspina Sari Siregar usai pelaksanaan tes urine mengungkapkan, 28 dari 199 pejabat Pemko Pematangsiantar tidak hadir pada tes urine.

Pejabat eselon II dan pelaksana tugas kepala SKPD yang tidak hadir yakni Serta Ulina Girsang (Kadisdukcapil), Pariaman Silaen (Kepala BKPP), Resman Panjaitan (Kadis Pendidikan), Robert Pangaribuan (Kadis Pertanian), Ria Talaumbanua (Dirut RS Djasamen Saragih), Johnson Tambunan (Plt Kadis PU Binamarga dan Pengairan), dan Esron Sinaga (Kepala BPPT).

Sedang pejabat eselon III yang tidak hadir diantarnya Mardiana (Kabid Verifikasi dan Perijinan BPPT), Bernadetta Dameria Butar Butar (Kabid Pendidikan dan Pelatihan BKPP), dan Junaidi Sitanggang (Camat Siantar Utara).

Ruspina mengungkapkan, hasil tes urine selanjutnya akan diserahkan kepada walikota pada Senin (11/4/2016) mendatang, dan tes urin terhadap pejabat yang tidak hadir akan dijadwal ulang.

“Semua yang tidak ikut tes urine hari ini akan kita jadwal ulang kembali. dan mengenai hasil tes urine hari ini dari BNN, hari Senin dan akan kita serahkan kepada Pj Walikota,” terang Ruspina. (rel/AT)

Foto: Para pejabat Pemko Pematangsiantar yang mengikuti tes urine foto bersama di Lapangan Rindam I/BB Pematangsiantar, Jumat (8/4/2016) pagi. (ist)

  • Bagikan