Buwas: BNN Lepas Tembakan, Bongkar Jaringan Narkoba Internasional di Medan

  • Bagikan

Medan, BatakToday

Badan Nasional Narkotika (BNN) membongkar jaringan narkoba Internasional di Kota Medan. Petugas mengamankan lima orang pelaku yaitu Achin alias MR, JT Toni alias TG, HND, dan AH.

Bersama tersangka, diamankan 20 Kg sabu-sabu, 50.000 butir pil ekstasi, dan 6.000 butir pil happy five. Demikian disampaikan Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso di City Residence A18, Jalan Sempurna, Medan, Senin (11/4) siang.

‪Penangkapan berawal dari informasi mengenai pengiriman sabu pada Kamis (31/3). Dimana, petugas mendapat informasi bahwa Achin dan HND  menerima narkoba pada  Jumat (1/4).

‪Sekitar pukul 16.00 WIB, Achin  membawa Ford Fiesta S putih BK 1281 IH ke salah satu pusat perbelanjaan di Jalan Gatot Subroto, Medan. Saat hendak menyerahkan bungkusan, petugas melakukan penyergapan. Saat disergap, pelaku  kabur dan menabrak sejumlah pengunjung.

‪”Petugas sempat melepaskan tembakan, namun yang bersangkutan beruntung tidak kena tembakan,” ujar Budi.

‪Petugas mengejar Achin dan meringkusnya di BLK, Jalan Medan-Binjai/Jalan Gatot Subroto Km 7,8, Medan.

“Kita melakukan penggeledahan di rumah Achin di City Residence A18, Jalan Sempurna dan menemukan barang haram itu,” ungkapnya.

‪Penangkapan  dikembangkan dan pelaku lainnya diringkus. HND yang merupakan suami Achin ditangkap di Ujung Pandang, Sulawesi Selatan.

‪”Toni merupakan narapidana di Lapas Lubuk Pakam, Deli Serdang. Dia menjalani hukuman 9 tahun penjara kasus narkotika. Ini jaringan Malaysia-Medan,” jelasnya.

‪Jaringan ini diatur seorang warga Negara Malaysia berinisial B. Sementara di Indonesia, jaringan ini diotaki Toni alias TG yang mendekam di Lapas Lubuk Pakam, Deli Serdang.

‪”Pasal 112 ayat (2), 114 ayat (1), UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancamannya hukuman mati,” kata Buwas. (AFR)

Foto:

Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso dalam konperensi pers tentang terbongkarnya jaringan narkotika internasional di Medan, Senin 11/4/2016 (afr/bataktoday)

  • Bagikan