Pemko Medan Diminta Terbuka Terkait Lepasnya Lahan Cadika

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Praktisi Hukum Kota Medan, Muslim Muis menilai Pemko Medan harus terbuka ke publik terkait permasalahan Taman Cadika Pramuka, sehingga masyarakat luas bisa mengetahui. sekaitan putusan Mahkamah Agung (MA) atas sengketa lahan Taman Cadika Pramuka di Jalan Karya Wisata, Medan Johor yang dimenangkan seorang warga bernama Mustika Akbar.

“Pemko Medan harus terbuka. Soal niatan pemko melakukan peninjauan kembali (PK) juga harus dibuka ke publik soal bukti yang dimiliki,” jelas Muslim Muis kepada wartawan di Medan, Minggu (10/04/2016).

Keterbukaan Pemko Medan, kata Muslim perlu dikakukan sebagai bukti pemko Medan sungguh-sungguh dalam menghadapi persoalan ini.

“Seperti informasi putusan ini sudah keluar setahun yang lalu, kemudian Pemko Medan sepertinya tak bergeming. Untuk itu, keterbukaan Pemko Medan pada saat sekarang ini menjadi penting dalam upaya menunjukan kepada masyarakat bahwa Pemko Medan sungguh-sungguh dalam menghadapi masalah ini,” jelasnya.

Muslim menilai, adem-ayemnya pihak Pemko Medan atas putusan MA yang keluar pada Maret 2015 lalu menimbulkan opini publik sebagai bentuk penjualan aset-aset Pemko Medan secara terselubung.

“Ya, jangan salah kalau persoalan ini dibiarkan dan Pemko pun tidak bergeming, sepertinya adanya upaya penjualan aset secara terselubung, dan itu bisa menjadi pembenaran di masyarakat,” jelasnya.

Muslim juga menyarankan Pemko Medan untuk membentuk tim khusus dalam menangan permasalahan aset di Kota Medan.

“Saya sarankan Pemko Medan membuat tim khusus, semacam tima advokasi untuk menyelesaikan permasalahan aset-aset di Pemko Medan yang belakangan juga terdengar banyak masalah,” jelasnya.

Saat ditanya soal dugaan adanya oknum-oknum yang bermain dalam persoalan aset di Pemko Medan, mantan Ketua LBH Medan ini mengatakan permasalahan tersebut menjadi ranahnya aparat penegak hukum.

“Kalau persoalan itu, kita mengajak Kejaksaan, KPK, dan kepolisian untuk juga menyelidiki persoalan ini,” jelasnya.

Kinerja Bagian Aset Dipertanyakan

Muslim menilai Bagian Aset Pemko Medan juga patut menjadi salah satu yang harus disorot.

“Bagian aset juga mestinya harus punya data yang jelas, dokumen-dokumen mengenai aset ini harus benar-benar mereka kuasai dan verifikasinya juga harus benar-benar dilakukan,” jelasnya.

Banyaknya masalah yang terjadi, kata Muslim, tidak terlepas dari buruknya verifikasi di Bagian Aset.

“Kenapa masalah ini bisa muncul dan berlarut, sepertinya Pemko Medan tak memiliki data. Nah, disini Bagian Aset yang harus diperhatikan peranannya, juga Bagian Hukum Pemko,” jelasnya. (AFR)

Foto: Jembatan gantung di danau kecil Taman Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata, Medan Johor. (travel.detik.com)

  • Bagikan