Walikota Tebing: Etnis Tionghoa Bagian dari Sejarah Bangsa

  • Bagikan

Tebing Tinggi, BatakToday –

Hubungan Indonesia dan Tiongkok sudah terjalin sejak ratusan tahun silam, ditandai dengan kedatangan Laksamana Ceng Ho ke Indonesia. Etnis Tionghoa sendiri telah menjadi bagian dari sejarah perjuangan Bangsa Indonesia.

Hal itu diutarakan Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan dalam sambutannya pada acara HUT ke-17 Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) dan Malam Pesona Budaya Pelangi, Minggu (10/4/2016) malam di aula Food Court Jalan Veteran Tebing Tinggi, dihadiri Konjen RRT Mrs Zhu Hong Hai, dan ketua INTI Sumut Anwar Susanto.

“Etnis Tionghoa di Indonesia merupakan bagian dari sejarah panjang Bangsa sejak jaman kolonial, dan ikut serta bersama-sama pejuang Bangsa ini memerdekan Indonesia,” ujar Walikota Umar.

Dikatakannya, perhimpunan INTI didirikan oleh para tokoh etnis Tionghoa untuk membangun kebersamaan, memperkokoh persatuan dan kesatuan, serta membantu Bangsa Indonesia menjadikan bangsa yang berkarakter, sejajar dengan bangsa-bangsa di dunia.

“INTI Kota Tebing Tinggi, kami tau persis sudah banyak berbuat bagi pembangunan Kota Tebing Tinggi, utamanya di bidang sosial dan kesejahteraan rakyat, selalu cepat tanggap dalam memberikan bantuan kepada saudara-saudaranya yang terkena bencana,” katanya.

Walikota Umar juga mengapresiasi kehadiran  Tim Kesenian dari Provinsi Yunan Tiongkok yang bersama-sama dengan grup kesenian lainnya turut meramaikan HUT dan Malam Pesona Budaya Pelangi.

“Saya dahulu ketika masih kecil sering kali menonton pagelaran barongsai dan pertunjukan wayang kelitik yang digelar di kelenteng, dan tentunya budaya itu sudah dikenal bangsa Indonesia sejak lama sekali,” ujarnya.

Sebelumnya, Konsul Jenderal RRT Mrs Zho Hong Hai dalam bahasa Mandarin yang diterjemahkan menyambut gembira kegiatan ini, serta berharap hubungan harmonis antara berbagai etnis di Kota Tebing Tinggi dapat terus terjaga dengan baik.

Dalam acara tersebut, Walikota menyerahkan cinderamata berupa plakat Tebing Tinggi, kain ulos dan batik khas Tebing Tinggi kepada Konjen RRT Mrs Zhu Hong Hai.dan kepada tim kesenian dari Provinsi Yunan Tiongkok.

Sebagai balasan, tim kesenian Yunan menyerahkan kenang-kenangan berupa giok berbentuk kuda dan kalung tradisional negeri Tiongkok kepada Walikota Umar. (iss)

Foto: Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan, Konsul Jenderal RRT Mrs Zho Hong Hai, bersama pengurus INTI menyalakan lilin pada HUT ke-17 INTI Kota Tebing Tinggi, Minggu (10/4/2016) malam di aula Food Court Jalan Veteran Tebing Tinggi. (bataktoday/iss)  

  • Bagikan