Auditor Inspektorat Kota Medan Reviu RKA Sebelum Diajukan dalam RAPBD

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Pemerintah Kota Medan melakukan upaya membangun fondasi yang kuat terkait Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Perencanaan yang matang dan dilandasi politik anggaran yang tepat sasaran diharapkan bisa diterapkan dalam upaya optimalisasi penggunaan anggaran yang terbatas. Untuk itu, ke depan akan dilakukan reviu terhadap RKA-SKPD oleh aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) sebelum diajukan pada penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan .Belanja daerah (APBD).

Hal itu ditegaskan Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Medan, Ikhwan Habibi Daulay saat membuka Diklat Reviu RKA bagi aparat pengawasan intern pemerintah  di lingkungan pemerintah Kota Medan, Selasa (12/4/2016), di Grand Kanaya Hotel Jalan Darussalam Medan.

Diklat ini penting guna membekali dan menambah pengetahuan khususnya para  APIP, sehingga pada pelaksanaan reviu RKA akan semakin mampu menilai efisiensi, efektivitas dan nilai ekonomis dari suatu program maupun kegiatan, serta mampu memberikan saran dan rekomendasi yang memadai kepada SKPD guna tata kelola mamajemen dan pengendalian internal yang semakin baik.

“Saya memandang diklat ini sebagai langkah strategis dan cukup penting untuk mendukung pelaksanaan tugas para APIP, khususnya  dalam melakukan pengawasan terhadap penyusuunan program kerja yang semakin baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujar Ikhwan.

Kepala Kantor Diklat Kota Medan, Fakhrudin melaporkan, diklat diikuti 35 orang peserta, berlangsung dari 12 sampai 15 April 2016, dipandu pengajar dari Inspektorat Jendral Kementerian Dalam Negeri, serta Badan Pengawasan Kuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumut. (AFR)

Foto: Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Medan, Ikhwan Habibi Daulay saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Diklat Reviu RKA bagi aparat pengawasan intern pemerintah  di lingkungan pemerintah Kota Medan, Selasa (12/4/2016), di Grand Kanaya Hotel Jalan Darussalam Medan. (bataktoday/afr)

  • Bagikan