Teknologi Informasi Pengaruhi Minat Menulis Karya Ilmiah

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Rendahnya minat menulis karya ilmiah ditengarai sebagai dampak negatif perkembangan teknologi informasi akhir-akhir ini, dimana orang dengan mudah meng-copy paste hasil karya orang lain. Kondisi  ini membuat semakin tidak termotivasi untuk belajar menulis dan menganalisis hasil pemikiran sendiri.

Ditambah lagi para guru saat ini lebih fokus dalam mempersiapkan siswanya untuk menghadapi ujian daripada mendorong peserta didik dalam penulisan karya ilmiah. Jika kondisi ini dibiarkan dan tidak dicarikan solusi mengatasinya,  maka generasi muda semakin tidak menggemari penulisan karya ilmiah.

Hal itu diutarakan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan, Hasan  Basri saat membuka Workshop Pembuatan Karya Ilmiah untuk Pelajar Tahun 2016 di Balai Kota Medan, Senin (11/4/2016).

“Saya sangat berharap kegiatan ini akan dapat meningkatkan  minat dan motivasi para pelajar khususnya peserta workshop dalam menghasilkan karya tulis ilmiah yang diharapkan pada akhirnya nanti akan memberikan sumbangan bagi kemajuan Kota Medan pada bidang pendidikan khususnya dan pembangunan Kota Medan  pada umunya,” kata Hasan.

Workshop digelar untuk pelajar SMA dan SMP se-Kota Medan, berlangsung selama 3 gelombang yang dimulai pukul 08.30 sampai 17.30 WIB. Diharapkan workshop ini menjadi wahana melatih para pelajar untuk mengungkapkan hasil pemikiran atau penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis, sebagai salah satu upaya menumbuhkan etos ilmiah  bagi para pelajar.

Sekretaris Balitbang Siti Maharani Hasibuan selaku ketua panitia melaporkan, kegiatan workshop diikuti 140 peserta yang berasal dari kalangan pelajar SMA/SMK dan SMP se-Kota Medan yang dibagi dalam 3 gelombang. Gelombang pertama diikuti 48 siswa SMA/SMK jurusan IPA, gelombang kedua 46 siswa SMA/SMK jurusan IPS, dan gelombang ketiga 46 siswa SMP.

Maharani menjelaskan, keynote speaker dan instruktur didadatangkan dari Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan, dipimpin Dr Kustoro Budiarta ME, didampingi Mukti Hamjah Harahap SSi MSi, Dr Muhammad Yusuf MSi, Dr Andi Zainal SE MSi Ak, dan Zulkarnain Siregar ST MM. (AFR)

Foto: Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan, Hasan  Basri secara simbolis menyematkan tanda peserta Workshop Pembuatan Karya Ilmiah untuk Pelajar Tahun 2016 di Balai Kota Medan, Senin (11/4/2016). (bataktoday/afr)

  • Bagikan