Pemko Medan akan Tebang 68 Reklame Ilegal

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Setelah beberapa bulan vakum, Pemerintah Kota (Pemko) Medan kembali akan gelar penertiban reklame serta bangunannya yang tidak taat aturan. Langkah ini merupakan lanjutan dari penertiban yang telah dilaksanakan sekitar November 2015 lalu. Saat itu sedikitnya 30 unit reklame ilegal berhasil ditertibkan.

Pada rapat persiapan penertiban reklame di Balai Kota Medan Selasa (12/4/2016) yang dipimpin Asisten Pemerintahan Umum Musadad didampingi Kepala Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Sampurno Pohan, dan Kabag Hukum Sulaiman, diputuskan penertiban akan digelar pekan depan.

Penertiban akan dilaksanakan di 13 ruas jalan yang sesuai perda dinyatakan terlarang untuk mendirikan reklame.  Pada ke-13 ruas jalan tersebut, diidentifikasi 68 bangunan reklame yang tersebar di wilayah Kecamatan Medan Baru, Medan Polonia, Medan Maimon dan Medan Petisah.

Musadad mengatakan, aksi penertiban ini akan dimulai pada Selasa (19/4/2016) malam, dimulai pada pukul 00.00 WIB, saat arus lalu lintas diperkirakan sedang sepi, sehingga para pekerja dapat menjalankan tugasnya dengan bebas tanpa gangguan dari kenderaan yang melintas. Kepada masing-masing camat yang wilayahnya masuk dalam operasi penertiban diharuskan untuk hadir.

“Kita kembali melakukan penertiban reklame, pada 13 ruas tersebut masih tersisa sebanyak 68 reklame. Semua harus ditertiban sehingga nantinya wilayah bebas reklame menjadi bersih. Saya minta kesiapan para petugas dan terus berkoordinasi dengan aparat keamanan, dan kepada Dishub agar mengatur arus lalulintas,” ujar Musadad.

Kepala Dinas TRTB Sampurno Pohan mengatakan, pekerjaan penertiban dilakukan oleh pihak ketiga, sedangkan tim hanya mengawal para pekerja. Dia juga memprediksi dalam satu malam pekerja hanya bisa membersihkan 4 unit reklame  ukuran besar, sedangkan untuk ukuran kecil mungkin bisa lebih.

“Pekerjaan ini harus selesai tepat pukul 05.00 WIB, karena bila lewat waktu, truk yang mengangkut potongan besi agak sulit karena kenderaan sudah mulai ramai,” ujarnya. (AFR)

Foto: Asisten Pemerintahan Umum Musadad (kiri) didampingi Kepala Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Sampurno Pohan, saat memimpin rapat persiapan penertiban reklame di Balai Kota Medan Selasa (12/4/2016). (bataktoday/afr)

  • Bagikan