Siantar Edisi Mutakhir: Bangun Dulu, IMB Urus Belakangan

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday

Dalam keterangannya usai rapat dengar pendapat (RDP) antara PD PAUS, Dinas Pertanian dengan Komisi II DPRD Kota Pematangsiantar, Selasa (13/4/2016), Dirut PD PAUS Herowhin Sinaga mengakui bahwa  bangunan Rumah Potong Hewan (RPH) di Jalan Manunggal belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Sebenarnya (permohonan) IMB sudah kita ajukan saat itu. Sebenarnya kan milik dari Pertanian (Dinas Pertanian-red), tapi kita yang bangunkan. Jadi yang mengajukan IMB-nya bersama-sama antara kita dan Pertanian. Ini kita sudah ajukan, gambarnya sudah kita ajukan. Tapi belum terbit,“ terangnya dengan dingin.

Ketika ditanya kapan IMB RPH terbit, Herowhin berusaha mengelak.

“Nanti kita koordinasikan,” jawabnya singkat.

Lebih lanjut dijelaskannya, rekomendasi Izin Lingkungan dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Pematangsiantar yang terdiri dari Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL) juga sedang dalam proses pengurusan.

“UKL-UPL-nya sudah. lagi dalam proses. Dan mereka (BLH-red) sudah meninjau kesana (RPH-red). Itu disana sudah ada septic tank,” terang Herowhin.

Terpisah, Ketua Dewan Pengawas PD PAUS, Robert Samosir ketika dikonfirmasi mengatakan tidak mengetahui pasti soal IMB maupun UKL-UPL RPH.

“Kalau IMB kurang tau, nanti akan tetap diuruskan orang itu (manajemen PD PAUS-red). Kita akan katakan ke perusahaan supaya diuruskan. Untuk rekomendasi izin lingkungan mungkin sudah ada, belum sampe kesana kutanya. Nanti kita tanyakan dulu ke BLH dan perusahaan,“ ujarnya. (AT)

Foto: Direktur Utama PD PAUS, Herowhin Sinaga. (bataktoday/at)

  • Bagikan