Asisten III Pemko Siantar Buta Peraturan, Parkir Mobil Dinas di Trotoar

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday

Sebuah mobil warna putih, jenis minibus merek Toyota Innova dengan nomor polisi BK 1215 W, milik Pemerintah Kota Pematang Siantar terlihat parkir menutupi badan trotoar di depan Kedai Kopi Kita, Jalan Kartini, Kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, Kamis (14/4) pagi sekitar pukul 08.30 WIB.

Diketahui mobil yang menghalangi pejalankaki untuk melintasi trotoar tersebut adalah mobil dinas yang digunakan oleh Asisten III Pemko Siantar Baren Alijoyo Purba SH.

Sebelumnya, Pemko Pematang Siantar getol menegakkan peraturan dengan membersihkan trotoar Jalan Kartini dari pedagang kaki lima (PKL) dan kios atau bangunan milik PKL pada bulan Januari 2016 lalu. Alasan pemko melakukan pembersihan adalah untuk mengembalikan fungsi trotoar sebagai fasilitas untuk pejalankaki, dan demi kelancaran lalu lintas. (Baca berita: https://bataktoday.com/satpol-pp-siantar-kembali-gusur-kios-pedagang-di-trotoar dan https://bataktoday.com/damanik-ingatkan-satpol-pp-siantar-penggusuran-pedagang-jangan-diskriminatif ).

Namun, upaya yang dilakukan Pemko Siantar untuk mengembalikan fungsi trotoar sebagai fasilitas untuk pejalankaki hingga hari ini belum menunjukkan tanda-tanda keberhasilan. Trotoar yang ada di Jalan Kartini kerap menjadi tempat parkir pengunjung pertokoan dan tempat usaha lainnya, termasuk seperti yang dilakukan Baren Alijoyo seperti disebut di atas.

Mobil Dinas Asisten III Pemko Siantar Baren Alijoyo Purba SH, sebelum bergerak meninggalkan Kedai Kopi Kita, Jalan Kartini, Pematang Siantar, Kamis 14/4/2016 (ajvg/bataktoday)
Mobil Dinas Asisten III Pemko Siantar Baren Alijoyo Purba SH, sebelum bergerak meninggalkan Kedai Kopi Kita, Jalan Kartini, Pematang Siantar, Kamis 14/4/2016 (ajvg/bataktoday)

Hutagalung, salah satu pengusaha warung kopi di Jalan Kartini, ketika diminta pendapat tentang pejabat Pemko yang turut parkir sembarangan di atas trotoar, memberikan komentar miring tentang sikap pejabat tersebut,

“Pejabat pemerintah yang seperti itu (maksudnya: yang parkir di atas trotoar, red.) ‘kan tidak merasa bertanggungjawab untuk memberi contoh kepada masyarakat banyak. Maklum saja lah, pejabat nya seperti itu, jangan diharap perhatiannya untuk pembangunan fasilitas pejalankaki, menggunakan trotoar saja dia tidak tahu,” ujar Hutagalung.

Banyaknya benda-benda lain seperti tiang listrik, pepohonan, bahkan gardu PLN yang menjadi penghalang bagi pejalan kaki untuk melalui trotoar di sepanjang Jalan Kartini sebagaimana mestinya, semakin diperparah oleh kendaraan yang parkir di atas trotoar.

Redaksi BatakToday mencoba mengkonfirmasi Baren Alijoyo tentang mobil dinasnya yang parkir di atas trotoar, melalui hubungan ke nomor telepon selularnya, 081376******, namun tidak mendapat jawaban. Demikian juga konfirmasi melalui pesan singkat yang dikirimkan, hingga berita ini diterbitkan belum mendapat balasan dari Baren. (ajvg)

Foto:

Mobil dinas milik Pemko Pematang Siantar yang digunakan Asisten III Pemko Siantar Baren Alijoyo Purba SH, parkir sembarangan di atas trotoar depan Kedai Kopi Kita, Jalan Kartini, Kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, Pematang Siantar, Kamis 14/4/2016 (ajvg/bataktoday)

  • Bagikan