Juru Parkir Demo Pemko Siantar, Tolak Pengutipan Retribusi Ditenderkan

  • Bagikan

Pematang Siantar, Bataktoday

Ratusan juru parkir (jukir) dan koordinatornya melakukan demonstrasi di depan Balai Kota Pematang Siantar untuk menyampaikan penolakan terhadap pelaksanaan tender pekerjaan pengutipan retribusi parkir pada badan jalan, Kamis (14/4) sekitar pukul 11.00 WIB.

Pendemo yang didampingi SBSI Solidaritas dalam orasi penolakannya terhadap tender pekerjaan pengutipan retribusi, menuding proses tender tidak dilakukan dengan transparan.

Mereka juga menyampaikan tuntutan agar seluruh juru parkir diikutsertakan dalam program BPJS ketenagakerjaan dan kesehatan, serta dilengkapi atribut lengkap untuk menghindari beroperasinya jukir liar.

Merasa selama ini hanya dijadikan sapi perah, mereka menuntut pencopotan Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishub Kominfo) Kota Siantar.

Demonstrasi ini tidak mendapat tanggapan dari pihak pemko, sehingga para pendemo kesal dan mencoba menerobos masuk ke dalam Balai Kota.

Ismail Simarmata, 28 tahun berprofesi sebagai juru parkir berteriak menuntut Pj Wali Kota untuk menemui mereka.

“Pak Wali, kami  bukan hantu atau pamangus (perampok). Tolong keluar pak Wali, hargailah kami,” seru Ismail.

Dua jam melakukan demo, tidak satu pun perwakilan pemko yang menanggapi. Sekitar pukul 14.00, setelah terlebih dahulu menyelesaikan makan siang di depan Balai Kota, para pendemo sepakat untuk mengakhiri demo hari itu, dan akan datang lagi seminggu kemudian dengan menghadirkan lebih banyak juru parkir.

Sebelumnya para pendemo telah terlebih dahulu menyampaikan aspirasinya kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Kota Siantar. Ketua DPRD Siantar Eliakim Simnajuntak didampingi beberapa anggota Komisi III berjanji akan membentuk Pokja untuk perparkiran kota ini.

“Paling lambat tanggal 1 Mei, kami akan membentuk Pokja untuk membahas perparkiran kota ini,” janji Eliakim. (AT)

Foto:

Juru parkir dari berbagai sudut kota Siantar dan para koorditornya melakukan demonstrasi di depan Balai Kota Pematang Siantar, Jalan Merdeka, Pematang Siantar, Kamis 14/4/2016 (at/bataktoday)

  • Bagikan