PHRI Toba Samosir Terbentuk

  • Bagikan

Balige, BatakToday –

Untuk kali pertama, Badan Pimpinan Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Toba Samosir berhasil dibentuk melalui musyawarah cabang (muscab) yang dilaksanakan pada Kamis (14/4/2016) di Hotel Tiara Bunga Balige, Kabupaten Toba Samosir. Muscab yang diinisiasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tobasa dan Badan Pimpinan Daerah (BPD) PHRI Sumut itu menetapkan Winner Sinambela sebagai ketua untuk periode 2016-2021.

Ketua terpilih Winner Sinambela dalam sambutannya menyampaikan komitmen PHRI Tobasa menjadi garda terdepan dalam pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Tobasa sebagai bagian dari kawasan pariwisata unggulan Danau

“Kedepan PHRI akan menjadi mitra strategis pemerintah dalam melakukan tatakelola destinasi Pariwisata Danau Toba di Kabupaten Tobasamosir, dan untuk itu dalam waktu dekat PHRI bersama Kadisbudpar Toba Samosir akan segera melaporkan organisasi yang baru terbentuk ini kepada Bupati Toba Samosir untuk sinkronisasi program tata kelola destinasi pariwisata,” ujar Sinambela.

Menurut Sinambela, terbentuknya BPC PHRI Tobasa adalah wujud dari komitmen untuk melakukan perubahan mental dan karakter masyarakat khususnya dalam pengembangan sektor pariwisata.

“Embrio ini harus kita kawal dan kita dukung demi terciptanya pelayanan pariwisata yang berkelas di Toba Samosir,” imbuhnya.

Sementara, Kadisbudpar Tobasa Ultri Sonlahir yang sedang berada di Jakarta mengikuti rapat koordinasi Percepatan Pembangunan 10 (sepuluh) Destinasi Pariwisata Prioritas Nasional, melalui sambungan telapon mengharapkan PHRI Tobasa dapat memberikan konstribusi nyata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Toba Samosir, apalagi letak Tobasa yang strategis untuk pintu masuk kunjungan wisatawan dari Bandara Silangit dan Bandara Sibisa nantinya.

“Siapapun yang terpilih mari kita dukung dan bersama-sama bergandengan tangan untuk memajukan pariwisata Tobasa. Dan dalam waktu dekat kita akan berdiskusi dengan pengurus baru PHRI untuk menetapkan dua hal penting dan mendasar, yakni merumuskan kalender event dan paket wisata lokal secara bersama-bersama. Tentu pemangku kepentingan pariwisata lainnya akan kita libatkan, seperti motto Tobasa ‘tampakna do rantosna rim ni tahi do gogona’,” ujar Ultri.

Foto: Ketua Panitia Muscab PHRI Tobasa Hotland Simangunsong (berdiri) saat memberikan penjelasan tata tertib dan prosedur pemilihan ketua kepada para peserta rapat yang dilaksanakan pada Kamis (14/4/2016) di Hotel Tiara Bunga Balige. Tampak duduk di depan fasilitator pariwisata Tobasa Harianto Sinaga dan utusan DPD PHRI Sumut. (ist)

  • Bagikan