Timbul Lingga: Pemko Siantar Harus Tertibkan Pasar Modern Tanpa Izin Lengkap

  • Bagikan

Pematang Siantar, Bataktoday

Wakil Ketua DPRD Kota Pematang Siantar, Timbul Lingga, meminta Pemko Siantar segera menertibkan pasar modern yang tidak memiliki izin lengkap sesuai dengan aturan yang berlaku. Demikian disampaikannya ketika dijumpai seusai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan PD Pasar Horas, Senin (18/4).

“Saya sudah pantau di lapangan ternyata di Kota Siantar banyak pasar modern yang tidak memiliki izin lengkap sesuai dengan aturan yang berlaku. Pada Rapat Dengar Pendapat kita dari DPRD langsung merekomendasikan kepada pemko melalui Sekretaris Daerah yang mewakili Pj Walikota,  agar segera menertibkan semua pasar modern yang tidak memiliki izin lengkap,  karena itu jelas melanggar aturan ” kata Timbul.

Menurut Timbul, keberadaan pasar modern perlu dikendalikan melalui proses perizinan, karena akan berpengaruh terhadap pendapatan pedagang di pasar tradisional.

”Pendirian pasar modern ini diatur dalam Peraturan Presiden No. 112 serta Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 53/M-Dag/Per/12/2008. Harapan saya Pemko Siantar serius untuk meninjau kembali keberadaan pasar modern di kota Siantar untuk mengetahui kelengkapan izinnya, dan menindak pasar modern atau toko modern yang tidak lengkap izin selama ini. Pasar modern atau toko modern  yang berdiri begitu saja tanpa melalui proses perizinan yang benar dapat mengurangi pendapatan para pedagang pasar tradisional, karena bisa saja dalam kajian yang seharusnya sudah dilakukan sebelum mendapat izin, ternyata menunjukkan pasar atau toko itu tidak layak secara sosial ekonomi, dan berdampak buruk secara signifikan terhadap keberadaan pasar atau pedagang tradisional yang sudah ada sebelumnya,” terangnya.

Sementara Ketua Aliansi Pedagang Tradisional Kota Siantar, Agus Butar-Butar ketika dimintai tanggapannya mengenai hal ini sangat mengapresiasi sikap dari DPRD Siantar yang menemukan adanya pasar modern yang tidak memiliki izin lengkap.

“Kita apresiasi rekomendasi DPRD Siantar kepada pemerintah kota, agar segera menertibkan  pasar modern yang tidak memiliki izin yang lengkap. Harapan kita kepada Pemko Siantar, agar menindaklanjuti secara serius keberadaan pasar modern yang tidak memiliki izin yang lengkap. Keberadaannya sudah pasti mengurangi pendapatan kami para pedagang tradisional ini,” ucap Agus via telepon selular. (EM)

Foto:

Wakil Ketua DPRD Kota Pematang Siantar, Timbul Marganda Lingga, saat diwawancarai di Kantor DPRD Kota Pematangsiantar, Jalan H Adam Malik, Pematang Siantar, Senin 18/4/2016 (em/bataktoday)

  • Bagikan