Bupati Nikson: Tetapkan Skala Prioritas Penggunaan Dana Desa yang Berkeadilan

  • Bagikan

Tapanuli Utara, BatakToday –

Kepala Desa bersama pemangku kepentingan desa diminta menetapkan skala prioritas yang objektif dan berkeadilan dalam penggunaan dana desa, sehingga masyarakat mendapatkan manfaat yang optimal dan memenuhi rasa keadilan. Pemanfaatan dana desa yang tepat sasaran dan dikelola sesuai aturan yang berlaku akan dapat memacu peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Hal itu diutarakan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan saat menyampaikan arahan pada Sosialisasi Peraturan Bupati Tapanuli Utara tentang Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa bagi Kepala Desa serta perangkat desa, Badan Permusyawaratan desa (BPD), dan Kasi PMD untuk empat kecamatan, yakni Kecamatan Tarutung, Siatas Barita, Adiankoting dan Sipoholon, di Aula SMA HKBP 2 Tarutung, Selasa (19/04/2016).

“Untuk Kepala Desa, tolong buat skala prioritas dalam menggunakan ADD dan Dana Desa (yang bersumber dari APBN-red), apa yang paling dibutuhkan masyarakat di tempat anda bertugas, dan tetap bersinergi dengan dinas terkait seperti Dinas PUK, sehingga kedua anggaran yang ada dapat bersinergi memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Kepala Desa harus mampu menjadi motor penggerak bagi pembangunan desa, sehingga kebutuhan masyarakat dapat terakomodir,” ujar Bupati.

Bupati Nikson mengingatkan agar kepala desa, BPD, dan perangkat desa lainnya agar bekerja sepenuh hati dalam mengusung perubahan yang lebih baik, menetapkan skala prioritas yang berkeadilan, serta tetap mempedomani peraturan yang berlaku dalam pengelolaan keuangan desa, sehingga tidak terjerat hukum.

“Jangan sampai ada pengkotak-kotakan, tetapi prioritas sebagai acuan sehingga memperkecil perselisihan. Dana yang kelola dari ADD dan Dana Desa bukan jumlah yang kecil, dan tidak bisa lagi main-main menggunakan anggaran ini. Jadi manfaatkan kesempatan ini, tetap pelajari peraturan yang ada dan tetap mengacu pada itu, maka harapan kita bersama dapat tercapai dan semua bahagia dan merasakan pembangunan,” katanya.

Hadir pada acara sosialisasi, Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa Eliston Tobing, Kabag Pemerintahan Satya Dharma Nababan, dan Kabag Program Martunggul Simamora. (rel)

Foto: Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan saat memberikan arahan pada Sosialisasi Peraturan Bupati Tapanuli Utara tentang Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa bagi Kepala Desa serta perangkat desa, Badan Permusyawaratan desa (BPD), dan Kasi PMD untuk empat kecamatan, yakni Kecamatan Tarutung, Siatas Barita, Adiankoting dan Sipoholon, di Aula SMA HKBP 2 Tarutung, Selasa (19/04/2016).(ist)

  • Bagikan