Sejak 2015, Humbahas Belum Terima Annual Fee PT Inalum

  • Bagikan

Doloksanggul, BatakToday –

Akibat peralihan status PT Inalum dari Penanaman Modal Asing (PMA) menjadi BUMN, sejak tahun 2015 Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) belum menerima pencairan Annual Fee dari pemerintah pusat. Hal yang sama dialami Pemprovsu dan 7 pemkab/pemko lainnya yang juga penerima pembagian annual fee.

Hal itu diungkapkan Bupati Humbahas Dosmar Banjar kepada wartawan, Rabu (20/4/2016) usai penyampaian nota pengantar LKPj Bupati TA 2015.

Bupati Dosmar membenarkan, pihaknya telah menyurati manajemen PT Inalum dan pihak-pihak terkait untuk mempertayakan hak Kabupaten Humbahas dan masih menunggu klarifikasi dari pihak PT Inalum.

“Semua yang menyangkut perhitungan akhir Kabupaten Humbahas terkait pendapatan dari Annual Fee, dalam surat itu sudah dilengkapi dan telah disampaikan kepada pihak Inalum, dengan tembusan ke Menteri Keuangan , Menteri Polhukam dan semua pihak terkait,” katanya..

Dosmar menjelaskan, pendapatan dari Annual Fee belum dianggarkan dalam APBD tahun anggaran 2016 karena belum ada kejelasan tentang besaran dana yang akan diterima.

”Sampai sekarang hak-hak kita masih belum jelas,” kilahnya.

Sementara itu, Sekda Saul Situmorang kepada wartawan di ruang rapat mini Kantor Bupati Humbahas membenarkan, Pemkab Humbahas bersama 7 pemkab/pemko secara bersama-sama telah menyurati pihak terkait untuk kejelasan pendapatan dari annual fee PT Inalum.

Menurut Saul, pembagian annual fee untuk setiap daerah penerima ditentukan berdasarkan formulasi perhitungan dari beberapa variable, diantaranya luas permukaan air yang dimiliki masing-masing daerah.

“Pada tahun 2014, annual fee (untuk Kabupaten Humbahas-red) dari PT Inalum sebesar 3,5 milyar, sedangkan untuk tahun anggaran 2015 hingga saat ini belum dicairkan,” jelasnya. (FT)

Foto: Sekdakab Humbahas Saul Situmorang (tengah) didampingi Asisten III Edy Sinaga dan Kabag Humas Osborn Siahaan saat memberikan keterangan pers di  ruang rapat mini Kantor Bupati Humbahas, Rabu (20/4/2016). (bataktoday/ft)

  • Bagikan