Terminal Tanjung Pinggir “Segera” Difungsikan Tahun 2017

  • Bagikan

Pematangsiantar, Bataktoday

Keseriusan Pj Wali Kota Siantar Jumsadi Damanik untuk segera memfungsikan Terminal Tanjung Pinggir, seperti terakhir kali diucapkannya saat Gelar Pasukan Pengamanan Lalulintas di terminal ini pada awal Februari lalu (2/2/2016), ternyata belum menunjukkan adanya tanda-tanda akan segera terealisasi. (Baca tautan berita https://bataktoday.com/terminal-tanjung-pinggir-siantar-segera-difungsikan )

Dari amatan yang dilakukan BatakToday pada Selasa (19/4), tidak terlihat ada kegiatan atau upaya yang menunjukkan bahwa terminal ini akan segera beroperasi dalam waktu dekat ini.

Kondisi bangunan terlihat tidak terawat dan sebagian sudah ada yang rusak. Di sana-sini ilalang terlihat tumbuh subur, bahkan sebagian menutupi permukaan perkerasan yang terbuat dari paving block. Hal ini mengindikasikan bahwa terminal ini masih terlantar.

Gomo (25) salah satu supir angkutan kota yang menggunakan terminal ini mengaku sangat prihatin melihat keadaan terminal Tanjung Pinggir saat ini.

“Sesuai trayek,  setiap hari saya melewati terminal ini Lae. Kalau terminal ini tidak benar-benar beroperasi, macam mana pun pasti lah kumuh, pokoknya prihatin lah kita menengok terminal ini. Kita kepingin pemerintah kota Siantar ini cepat-cepat mengoperasikan terminal ini. Macam ini lah, cuma berapa lah trayek angkutan kota yang masuk di sini. Membakar bensinnya kami ke terminal ini, tapi itu pun kami patuh. Entah kapan lah terminal ini betul-betul jadi terminal, sudah saatnya Siantar ini punya terminal betulan,” ujarnya.

Sementara Kadishubkominfo Siantar Posma Sitorus saat dikonfirmasi Selasa (19/4) mengenai kondisi terminal Tanjung Pinggir, mengatakan  bahwa terminal ini akan diambilalih Kementerian Perhubungan.

“Mengenai pengaktifan terminal Tanjung Pinggir, akan segera diambil alih Kementerian Perhubungan mulai tanggal 1 Januari 2017. Sebelumnya pihak kementerian sudah datang kesini untuk meninjau langsung kondisinya. Dengan diambilalihnya terminal ini, pemerintah kota tidak perlu mengeluarkan anggaran lagi untuk mengaktifkannya,” ucapnya.

Ditempat terpisah, Selasa (19/4), Anggota Komisi III DPRD Siantar Oberlin Malau yang bermitra kerja dengan Dishubkominfo menyesalkan sikap Pj. Walikota Jumsadi Damanik yang sebelumnya telah meninjau terminal Tanjung Pinggir dan  mengatakan akan segera memfungsikan, tetapi tidak terlihat upaya untuk merealisasi.

“Kalau seorang pemimpin mengeluarkan pernyataan minimal harus terealisasi 90 persen, tapi lihatlah pernyataan Pj. Walikota sebelumnya yang ingin mengaktifkan terminal Tanjung Pinggir, tidak ada progresnya sampai saat ini,” ungkapnya kecewa.

Dikonfirmasi tentang rencana terminal Tanjung Pinggir yang akan diambil alih Kementerian Perhubungan, Politisi Gerindra ini menyebut pemko tetap harus proaktif.

“Pada saat Rapat Dengar Pendapat (RDP), Kadishub Posma Sitorus memang mengatakan pengaktifan terminal Tanjung Pinggir akan segera diambil alih Kementerian Perhubungan, tapi apakah hal ini nanti akan terealisasi? Pemko Siantar harus tetap proaktif, apalagi sudah keluar pernyataan Pj Walikota sebelumnya bahwa akan segera memfungsikan terminal Tanjung Pinggir,” ujar Oberlin. (EM)

Foto:

Kondisi Terminal Tanjung Pinggir, Kecamatan Siantar Martoba, terlantar dan belum pernah difungsikan sebagaimana mestinya sejak selesai dibangun tahun 2003 lalu, Pematang Siantar, Selasa 19/4/3016 (em/bataktoday)

  • Bagikan