Hari Kartini, Pelajar SMP dan SMA Kartika I Pakai Kebaya ‪

  • Bagikan

Medan, BatakToday

Para pelajar SMP dan SMA Kartika I, Jalan S Parman, memperingati hari Kartini yang jatuh kemarin, Kamis (21/4/2016). Para siswi dan siswa mengenakan kebaya dan batik dalam proses belajar.

‪Siswa kelas XI IPA I Nurhayati Hazmar Ritonga mengaku sangat senang mengenakan kebaya. “Perasaannya senang,” akunya. Ia berharap wanita – wanita di Indonesia dapat  menghargai, dan mengenang jasa dari Kartini.

‪”Kita ingin menunjukkan emansipasi wanita, agar dapat sederajat dengan kaum laki – laki,” katanya.

‪Kepala Sekolah SMA Kartika I, Syuratty Astuti Rahayu Manalu mengungkapkan, dengan menggunakan kebaya dan batik, para siswa dan siswi sekaligus dapat mencintai  budaya Indonesia.

‪”Ini merupakan ide dari dewan guru. Bukan hanya siswa dan siswi saja, tapi guru – guru disini juga mengenakan pakaian tradisional Indonesia,” jelasnya.

‪Dirinya meminta kepada siswa dan siswi dapat  menghormati Kartini dalam memperjuangkan  emansipasi wanita.

‪”Siswa dan siswi ini tidak hanya mengenal sosok Kartini dari buku saja. Namun, meraka agar  lebih paham bagaimana sosok  Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita,” katanya. (AFR)

Foto:

Suasana di salah satu ruang belajar SMA Kartika I, siswi dan siswa menggunakan pakaian kebaya dan batik untuk menyambut Hari Kartini 21 April, Medan 21/4/2016 (afr/bataktoday)

  • Bagikan