Satpol PP dan Camat Abaikan Perintah Jumsadi untuk Membongkar Bazar Ilegal

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday –

Meskipun Penjabat Walikota Pematangsiantar.Jumsadi Damanik telah memerintahkan Kakan Satpol PP dan Camat Siantar Barat untuk segera menertibkan tenda dan teratak tempat bazar ilegal di sepanjang Jalan WR Supratman (depan Siantar Hotel) sampai Jalan Diponegoro (samping Gedung Juang 45) pada Minggu (24/4/2016) dinihari, namun hingga  Minggu malam sekitar pukul 20.30 WIB, teratak dan tenda di lokasi tersebut masih tegak berdiri dan tidak ada tanda-tanda akan dibongkar.

Pada sore hari sekitar pukul 17.00 WIB, personil dan truk Satpol PP sempat terlihat di lokasi, namun ternyata tidak melakukan tindakan pembongkaran sesuai perintah Walikota.

Tenda di perempatan Jalan WR Supratman-Jalan Diponegoro, digunakan untuk menggelar hiburan, Minggu (24/2/2016) malam sekitar pukul 20.30 WIB. (bataktoday/ajvg)
Tenda di perempatan Jalan WR Supratman-Jalan Diponegoro, digunakan untuk menggelar hiburan, Minggu (24/2/2016) malam sekitar pukul 20.30 WIB. (bataktoday/ajvg)

Sebelumnya, usai mengikuti Malam Hiburan Rakyat Perintah dalam rangka Hari Jadi Kota Pematangsiantar Ke 145, Minggu (24/4/2016) dinihari di sebuah kafe di Jalan Kasuari, Pj Walikota dengan tegas memerintahkan pembongkaran tenda dan teratak yang didirikan tanpa izin tersebut.

“Saya tidak perduli siapa pun yang mencoba-coba bermain dengan memberikan rekomendasi kepada penyelenggaranya. Karena sejak awal saya sudah tegaskan kepada panitia, tidak boleh perayaan Hari Jadi Kota Pematangsiantar dinodai dengan bazar-bazar seperti begitu. Saya tegaskan, Camat Siantar Barat dan Satpol PP untuk segera membongkar,” ujarnya tegas kepada Camat Siantar Barat Heryanto Siddik dan Kakan Satpol PP Julham Situmorang.

Jumsadi menyesalkan kenekatan oknum-oknum yang memanfaatkan momen Hari Jadi Pematangsiantar untuk mengeruk keuntungan sepihak, tanpa mempertimbangkan kerugian publik, padahal lokasi tersebut merupakan jalan alternatif saat Jalan Merdeka depan Balai Kota akan ditutup saat perayaaan hari jadi, Senin (25/4/2016) esok hari.

“Hari Senin kita akan gelar Parade Mobil Hias di depan Balai Kota. Jika lokasi itu ditutup, lantas mau darimana lagi masyarakat melintas saat kegiatan berlangsung. Apa mereka nggak mikir sebelum memasang tenda dan teratak tersebut?” sesalnya.

Kepada Pj Walikota, Camat Siantar Barat Heryanto Siddik malam dinihari itu mengaku tidak ada memberikan rekomendasi atas pelaksanaan bazar tersebut.

“Saya tidak ada mengeluarkan rekomendasi untuk pelaksanaan bazar tersebut. Saya siap melaksanakan perintah untuk membongkarnya,” katanya disaksikan Asisten II Akhir Harahap, Asisten III Baren Alijoyo Purba, Kadis Kebersihan Robert Samosir dan Plt Kabag Humas Jalatua Hasugian.

Hingga berita ini, BatakToday belum berhasil melakukan konfirmasi kepada Camat Siantar Barat maupun Kakan Satpol PP. (rel/ajvg)

Foto: Tenda dan teratak bazaar ilegal masih tetap berdiri di Jalan WR Supratman depan Siantar Hotel hingga Minggu (24/4/206) malam sekitar pukul 20.30 WIB. (bataktoday/ajvg)

  • Bagikan